• ,
  • - +

Artikel

Ombudsman Ajak Warga Ranupani Peduli Pelayanan Publik
• Senin, 17/09/2018 • Sidik Aji Nugroho
 
Penyerahan tumpeng dari Dewan Adat (kanan) kepada Anggota Ombudsm0an Alvin Lie (kiri) dalam acara diseminasi dan diskusi publik di Desa Ranupani (Kaki Gunung Semeru) (foto by Sidik Aji Nugroho)

LUMAJANG - Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur merangkul masyarakat Ranupani (Kaki Gunung Semeru) untuk peduli pelayanan publik. Ombudsman melaksanakan diseminasi dan diskusi publik tentang kelestarian Ranupani pada Jumat (14/9) di Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Acara sosialisasi diawali dengan tarian dari Suku Tengger kemudian dilanjutkan dengan diseminasi Ombudsman tentang pelayanan publik serta membentuk komunitas Sahabat Ombudsman Ranupani. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Anggota Ombudsman RI Alvin Lie.

Ombudsman juga melakukan diskusi publik mengenai kelestarian Ranupani dengan masyarakat, yang mengenai permasalahan lingkungan di Ranupani yang mana terjadi pendangkalan Danau Ranupani. Disini Ombudsman melakukan diskusi dengan masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo untuk mencari solusi bagaimana menangani permasalahan di Ranupani.

Anggota Ombudsman RI Alvin Lie menyampaikan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan kementerian lain terkait masalah lingkungan Ranupane. "Untuk permasalahan lingkungan di Ranupane Ombudsman akan sampaikan ke kementerian terkait untuk jadi perhatian nasional," ujarnya.

Alvin menegaskan Ombudsman tidak memihak siapapun. "Kita akan mempertemukan kedua pihak untuk menemukan jalan tengah untuk menyelesaikan permasalahan," lanjut Alvin Lie.

Pada malam hari Ombudsman membuka pojok pengaduan dan konsultasi pelayanan publik kepada masyarakat di Balai Desa Ranupani, yang diharapkan masyarakat yang mengalami atau menemukan tindakan maladministrasi untuk berkonsultasi atau melapor ke Ombudsman.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Jawa Timur Agus Widiyarta. "Ombudsman terbuka kepada seluruh masyarakat jika masyarakat ingin berkonsultasi atau melapor tentang pelayanan publik kepada kami," ujarnya.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...