• - +

Artikel

Ombudsman Papua Barat gelar Focus Group Discussion Implementasi Penyediaan Perumahan Di Provinsi Papua Barat
ARTIKEL • Jum'at, 08/06/2018 • NIna Lalenoh
 
Pelaksanaan FGD Implementasi Penyediaan Perumahan dan Pemukiman di Prov Papua Barat

SHARE

Manokwari-  Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan Ombudsman Papua Barat Nortbertus,SP.,M.Hum di Swisbell Hotel 04 Juni 2018.

Nortbertus menyampaikan bahwa, Kajian ini merupakan program tahunan Ombudsman sebagai lembaga pengawas pelayanan publik yang konsern terhadap pelayanan publik bagi masyarakat. "Kami melihat bahwa permasalahan perumahan di Papua Barat merupakan permasalahan krusial yang cukup banyak dilaporkan masyarakat kepada kami".

Dalam FGD ini kami libatkan pihak-pihak terkait baik Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat (instansi vertikal) hingga masyarakat sebagai penerima bantuan. FGD ini diawali dengan menampilkan hasil kajian yang disampaikan Asisten Ombudsman Rosalina Selaya "Ombudsman Papua Barat menemukan banyaknya bangunan perumahan di Papua Barat yang terbengkalai pembangunannya, juga kurangnya koordinasi antara OPD terkait hingga minimnya sosialisasi dan pelibatan pihak terkait untuk bantuan perumahan yang diberikan kepada masyarakat ". Sampel pembangunan perumahan yang kami ambil dalam melakukan kajian ini adalah Kabupaten Manokwari, KOta Sorong dan Kabupaten Sorong

" Provinsi Papua Barat tahun 2018 ini memberikan bantuan perumahan bukan hanya bantuan khusus saja (bantuan rumah terima kunci) tetapi juga bantuan stimulan yang hingga 2018 ini dikelola langsung oleh SNVT Penyedia Perumahan Provinsi Papua Barat yang merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian PUPR. Tetapi bantuan stimulan ini diklaim beberapa pihak tidak melibatkan OPD terkait diKabupaten/Kota. Selain itu bantuan perumahan di Provinsi tidak hanya diberikan oleh Dinas Perumahan dan SNVT Penyedia Perumahan Papua Barat tetapi diberikan juga oleh BPM Papua Barat sehingga koordinasi inilah yang diperlukan agar bantuan yang diberikan tepat sasaran dan tidak diberikan lagi kepada masyarakat yang sudah menerima bantuan sebelumnya selain itu diperlukan komitmen serta tindaklanjut untuk membicarakan terkait persoalan dalam pembangunan perumahan dengan melibatkan semua pihak terkait agar program perumahan ini bermanfaat dan tepat sasaran bagi masyarakat" tutup Rosalina.




Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...
Loading...