• - +

Artikel

Pemadaman Listrik Jangka Panjang di Sulut dan Gorontalo, Ombudsman RI Perwakilan Sulut Panggil GM PT. PLN Suluttenggo
ARTIKEL • Jum'at, 11/01/2019 • Andre Kalesaran
 
Klarifikasi dengan GM PT. PLN Wil. Suluttenggo

SHARE

Manado - Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara meminta klarifikasi kepada General Manager (GM) PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Wilayah Suluttenggo, Edison Sipahutar didampingi jajaran PT. PLN Suluttenggo di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Utara, Rabu, 9 Januari 2019

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sulut, Helda Tirajoh menyampaikan bahwa adanya laporan dari masyarakat mengenai pemadaman listrik yang terjadi di banyak tempat di Sulawesi Utara seperti di Wilayah Minahasa, Minahasa Utara, Manado, Minahasa Tenggara, Tomohon bahkan sampai di daerah Gorontalo. Pemadaman Listrik tersebut tidak hanya terjadi satu kali namun beberapa kali, sejak sebelum Hari Raya Natal tanggal 23 dan 24 Desember 2018, berlanjut pada tanggal 26 dan 27 Desember 2018 serta sampai pada awal bulan Januari 2019. Puncaknya tanggal 6 Januari 2019 yang pemadamannya berlangsung selama 10 jam.

 "Pemadaman yang terjadi disebabkan oleh faktor cuaca ekstrim sehingga menyebabkan banyak pohon-pohon yang tumbang dan merusak jaringan listrik yang ada", ujar Edison dalam klarifikasinya.

Untuk memperbaiki jaringan-jaringan listrik yang rusak perlu dilakukan pemadaman listrik, supaya teknisi PLN yang akan melakukan perbaikan tidak akan mengalami kecelakaan kerja dan jaringan listrik yang melalui medan yang terjal seperti dihutan-hutan sehingga menyulitkan petugas untuk memperbaiki.

GM PT. PLN Suluttenggo menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi bagi masyarakat Sulawesi Utara. Untuk menjaga agar kejadian pemadaman tidak berulang maka PT. PLN Suluttenggo menyampaikan saat ini sementara dalam perencanaan pembuatan Jalur Baru jaringan-jaringan listrik seperti ditanam dalam tanah, dan akan memperbaharui peralatan-peralatan listrik yang sudah lama, akan di ganti baru sehingga kedepannya akan meminimalisir penyebab-penyebab terjadinya gangguan jaringan listrik yang ada.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sulawesi Utara menekankan agar supaya pelayanan terhadap masyarakat terutama dibidang ketenagalistrikan harus lebih dtingkatkan lagi, karena pelayanan dibidang ketenagalistrikan merupakan faktor penting dalam keseharian dan aktifitas hidup masyarakat.

"Pihak PT. PLN Wilayah Suluttenggo wajib memberikan Kompensasi kepada semua pengguna layanan PT. PLN Suluttenggo yang mengalami dampak dari pemadaman listrik sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku", tutup Helda.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...
Loading...