logo12

Ombudsman Gandeng Warganet Perbaiki Kualitas Pelayanan Publik

on . Posted in Perwakilan Kalimantan Barat

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Menyadari pentingnya peran serta masyarakat untuk mewujudkan tugas dan fungsi Ombudsman dalam pengawasan publik maka Ombudsman mengadakan kopdar yang dihadiri oleh warganet dari berbagai instansi dan komunitas.

 

Asisten Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Barat, Budi Rahman mengatakan itulah yang menjadi alasan kopdar ini diselenggarakan.

 

 

Ada banyak warganet yang hadir pada kopdar itu, mulai dari blogger hingga jurnalis dari media lokal.

 

Mereka membagikan pengalaman mereka dalam menggunakan media sosial sebagai alat untuk meningkatkan pelayanan publik.

 

"Kita melihat influence atau pengaruh warganet terhadap kebijakan publik sangat signifikan. Indonesia menempati pengguna 3 akun Twitter dan Facebook di dunia. Ini memberi pengaruh yg sangat besar terhadap kualitas publik dan pelayanan publik," jelasnya, Selasa (10/10/2017).

 

Melalui kehadiran para influencer yang aktif di media sosial, dia berharap mereka dapat membantu Ombudsman untuk mensosialisasikan dan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama dengan Ombudsman melakukan upaya perbaikan kualitas pelayanan publik.

 

Sedangkan untuk masyarakat umum, dia berharap masyarakat dapat berpartisipasi aktif dengan cara turut serta melakukan pengawasan yaitu menyampaikan laporan terhadap praktik maladministrasi atau praktik-praktik yang tidak baik di masyarakat terkait pelayanan publik.

 

"Karena kami menyadari saat ini nama Ombudsman belum dikenal oleh masyarakat. Melakui kegiatan ini kami berharap nama Ombudsman dapat dikenal," katanya.

 

Agus juga mengatakan Ombudsman merangkul dan sangat terbuka untuk semua segmen dan lapisan masyarakat. Lembaga negara yang telah hadir di Kalimantan sejak tahun 2012 ini telah berupaya melakulan sosialisasi kepada masyarakat agar keberadaan Ombudsman dapat diketahui.

 

"Minggu lalu kami melakukan sosialisasi kepada masyarakat petani dan peternak di Kabupaten Kubu Raya. Sebelumnya kami juga mengundang ketua-ketua RT di Pontianak untuk mengikuti sosialisasi yang kami adakan," terangnya.

 

Sosialisasi tidak hanya diberikan pada masyarakat awam, melainkan terhadap penyelenggara pemerintahan pula. Dia menyebut Ombudsman telah mempunyai program khusus untuk pemerintah.

 

"Kepada penyelenggara pemerintah kami punya progran namanya program SP4M. Intinya kami dari Ombudsman berupaya untuk merangkul semua kalangan agar sama-sama mewujudkan pelayanan publik prima," pungkasnya.

 

Sumber: http://pontianak.tribunnews.com/2017/10/10/ombudsman-gandeng-warganet-perbaiki-kualitas-pelayanan-publik