logo12

Provinsi Sumatera Utara

Ombudsman Bentuk Jejaring Awasi Pelayanan Publik

on . Posted in Perwakilan Sumatera Utara

KBRN, Medan : Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara membentuk jejaring untuk mensosialisasikan tugas dan fungsi  Ombudsman kepada masyarakat, serta agar dapat mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik di Sumut.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar menjelaskan, pihaknya telah melakukan pertemuan berkala sebanyak empat kali dengan memberi pengetahuan tentang pelayanan publik, ombudsman, dan bentuk-bentuk maladministrasi Sehingga jejaring Ombudsman dapat mengetahui pelanggaran administrasi dalam pelayanan publik. 

 

Ombudsman juga memberikan praktik cara pendampingan kepada masyarakat bila mendapati adanya mal administrasi dalam proses pelayanan publik.

“Mereka sudah kita bekali dengan pengetahuan tentang apa itu Ombudsman, apa itu pelayanan publik, dan apa itu maladministrasi. Sehingga mereka bisa menjadi mata dan telinga kita dalam mengawasi pelayanan publik,” kata Abyadi di Medan, Minggu (12/11/2017).

Abyadi menuturkian, pembentukan jejaring ini merupakan progam nasional Ombudsman yang dilakukan di seluruh wilayah  di Indonesia. Dengan tujuan agar keterlibatan seluruh masyarakat dalam pelayanan publik semakin besar.

Program ini merupakan bentuk keseriusan ombudsman  dalam mendorong perbaikan pelayanan publik di daerah. Ombudsman juga berharap jejaring dapat memainkan perannya di masyarakat.

“Paling tidak dapat  membantu masyarakat ketika dipersulit dalam proses pelayanan publik. Dengan demikian, pelayanan publik di Sumut akan semakin kuat,” ujarnya.

Abyadi  menyadari bahwa dalam mengawasi pelayanan publik, Ombudsman tidak akan maksimal tanpa peran serta masyarakat. Apalagi kondisi pelayanan publik khususnya di Sumatera Utara saat ini masih buruk. 

Hasil survey Ombudsman tahun 2016 menunjukkan tingkat kepatuhan pemerintah daerah di Sumut terkait Undang – undang Nomor 25 tahun 2009 belum sesuai harapan. (Widya)

Sumber: http://rri.co.id/medan/post/berita/456223/daerah/ombudsman_bentuk_jejaring_awasi_pelayanan_publik.html