lomba poster

Alur Penyelesaian Laporan

Banner

Kalender Kegiatan

November 2014
S M T W T F S
26 27 28 29 30 31 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 1 2 3 4 5 6

Agenda Kegiatan

No events

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday2023
mod_vvisit_counterYesterday5736
mod_vvisit_counterThis week37486
mod_vvisit_counterLast week57868
mod_vvisit_counterThis month2023
mod_vvisit_counterLast month226916
mod_vvisit_counterAll days1689937

Who's Online

We have 94 guests online
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

e-People ACRC

Banner
Banner

Standar Pelayanan

Banner

Wabup Minta Pejabat Sosialisasikan Lembaga Ombudsman

TENGGARONG - Perwakilan Lembaga Negara Ombudsman Kalimantan Timur yang berada di Balikpapan, dipimpin Chandra melakukan kunjungan kerja ke Pemkab Kukar. Chandra diterima Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf di Ruang Eksekutif Kantor Bupati Kukar, Kamis (1/10). Dalam kunjungannya, Chandra didampingi 2 staf, mengatakan kunjungan pertama ini bertujuan menyosialisasikan lembaga Ombudsman RI tentang  informasi dan pengaduan masyarakat, sekaligus bersilaturahmi dengan jajaran Pemkab.

Diungkapkan Chandra, Ombudsman adalah lembaga yang mempunyai tugas dan wewenang sesuai UU No. 37 tahun 2008 yaitu mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Pemerintahan, BUMN, BUMD, BHMN, badan swasta, atau perseorangan. Tugas Ombudsman di antaranya, menerima laporan atau maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan public. Juga melakukan pemeriksaan substansi atas laporan, menindaklanjuti laporan yang tercakup dalam ruang lingkup kewenangan Ombudsman, melakukan investigasi atas prakarsa sendiri terhadap dugaan maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Adapun kewenangan Ombudsman meminta keterangan secara lisan dan atau tertulis dari pelapor, terlapor atau pihak lain yang terkait mengenai laporan yang disampaikan kepada Ombudsman, memeriksa keputusan, surat menyurat atau dokumen lain yang ada pada pelapor ataupun terlapor untuk mendapatkan kebenaran suatu laporan. Meminta klarifikasi dan atau salinan fotokopi dokumen yang diperlukan dari instansi manapun untuk pemeriksaan laporan dari instansi terlapor.

Sementara Wabup Ghufron Yusuf mengucapkan terima kasih dan menyambut baik atas kunjungan Ombudsman ke Kukar. Dia mengatakan keberadaan lembaga ini di Kukar belum begitu memasyarakat, kecuali di kalangan pejabat saja. Karena tugas pokoknya untuk melakukan pengawasan terhadap bagaimana kinerja dari aparat pemerintah di dalam memberikan pelayanan umum.

Ia berharap dan meminta setiap SKPD di lingkup Pemkab untuk rajin-rajin membuka, mempelajari, dan memahami tentang Ombudsman, lalu disosialisasikan kepada masyarakat agar lembaga ini dapat berjalan dengan sesuai harapan. “Mengingat banyak yang tidak tahu dengan peran penting Ombudsman,” ucapnya. Kunjungan diakhiri dengan penyerahan cenderamata serta foto bersama. (hmp-3)

Sumber:

http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/1859/wabup-minta-pejabat-sosialisasikan-lembaga-ombudsman.html

 

Publik TV

Banner

Pencarian

Booklet Maladministrasi

Buku Saku Maladministrasi
Banner