• - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Perwakilan Babel Kumpulkan Wartawan, Ini yang Dibahas
PERWAKILAN: KEPULAUAN BANGKA BELITUNG • Kamis, 06/12/2018 • indra_
 

SHARE

BANGKAPOS.COM - Ombudsman RI Perwakilan Bangka Belitung menggelar Media Gathering dengan sejumlah awak media lokal dan nasional di Babel, di Kantor perwakilan Ombudsman Babel, Kamis (6/12/2018).

Plt Kepala Ombudsman RI Perwakilan Babel, Prana Susiko mengatakan ini merupakan ajang silahturahmi dan tukar pendapat antar insan pers dengan lembaga yang dipimpinnya.

Prana mengatakan dengan SDM yang hanya delapan orang dengan jangkauan wilayah administrasi hingga ke tujuh kabupaten/kota dan pemerintah provinsi, tentunya Ombudsman meminta kerjasama dengan pihak untuk mengawasi pelayanan publik.

"Telinga, mata kami terbatas dengan tim kami yang hanya delapan orang ini. Bahkan ada daerah di Bangka Selatan Lepar Pongok kami belum sampai kesana. Kami berharap kerjasama dan peran dari teman-teman media agar masyarakat Babel mendapatkan pelayanan publik sesuai standar," kata prana dalam sambutannya.

Prana mengatakan sejauh ini masih ada beberapa pelayanan publik di Babel yang memenuhi standar minimal. Ia mencontohkan seperti pengurusan surat keterangan tanah (SKT) yang dibeberapa kabupaten itu belum ditentukan tarifnya.

"Paling marak terkait biaya penerbitan surat tanah, kami sudah sistemik review kita temukan misalnya di bangka tidak ada standar biaya untuk penerbitan SKT, padahal mengacu pasal 21 UU no 25 tahun 2009 harus ada kepastian biaya. Masalahnya ini beragam karena setiap orang mengeluarkan yang berbeda-beda biayanya," ujarnya.

Menurutnya untuk Pemprov Babel sendiri telah memiliki peraturan daerah nomor 8 tahun 2015 tentang pelayanan publik. Ia tak memungkiri tantangan pelayanan publik kedepan semakin tinggi, pasalnya dituntut untuk cepat, efektif, dan efisien.

"Sistem pelayanan publik harus ada inovasi, elektronik penting tapi segment penggunanya di desa masih minim. Kami juga menyoroti komitmen pimpinan dalam memberikan pelayanan publik yang prima," katanya

Salah satu wartawan yang mengikuti media Gathering, Dico dari harian Babel Review mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Ombudsman untuk meningkatkan sinergitas dalam mewujudkan pelayanan publik yang optimal.

"Ombudsman mengundang ini menjadi hal penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, hubungan ombudsman dengan media cukup bagus. Kedepan, harus ada sinergi lebih intens lagi sehingga masyarakat lebih mengenal Ombudsman dan tau prosedur kemana harus melaporkan terkait pelayanan publik," ujarnya.



Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...