• ,
  • - +

Artikel

Mengawal Pelayanan Publik Bersama Konco Ombudsman Media
• Rabu, 29/05/2019 • UNIT PENCEGAHAN OMBUDSMAN PERWAKILAN JAWA TENGAH
 
Kegiatan buka puasa bersama dengan tema

Semarang - Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah mengadakan acara buka puasa bersama dengan tema "Mengawal Pelayanan Publik Bersama Konco Media" bertempat di Hotel Harris, Selasa (28/5/19).

Sabarudin Hulu, Plt. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Tengah mengatakan bahwa dalam suasana Ramadhan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah menjaga hubungan dan menjalin keakraban dengan konco media.

"Ombudsman Jateng telah memasuki tahun ketujuh bersama Konco Media dalam mengawal pelayanan publik di Jawa Tengah, mencegah dan memeriksa maladministrasi untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas," tambah Sabarudin. 

"Data per 27 Mei 2019, pengaduan masyarakat yang diterima Ombudsman RI telah menerima dan memeriksa 76 laporan masyarakat, dengan tiga dugaan maladministrasi terbanyak yakni penundaan berlarut, penyimpangan prosedur, dan tidak memberikan pelayanan," lanjut Sabarudin.

Perwakilan Konco Media, Hidayat, menyambut baik dan berterima kasih atas kegiatan buka puasa bersama Konco Ombudsman.

"Manfaat grup Konco Ombudsman adalah memberikan referensi informasi dan update masalah pelayanan publik sehingga Konco Ombudsman Media langsung dapat komunikasi secara on air," ujar Hidayat.

"Ombudsman Jateng selama tahun 2019 menerima laporan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh  instansi pemerintah/kementerian,  kepolisiaan, Badan Pertanahan Nasional, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, dan BUMN/BUMD. Sedangkan 5 daerah tertinggi lokasi Terlapor adalah Kota Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo, dengan uraian terdiri dari instansi kementerian/lembaga dan pemerintah daerah," lanjut Sabarudin.

Selain itu, sebagai langkah antisipasi libur lebaran tahun 2019, Ombudsman akan melaksanakan sidak pengawasan pelayanan publik terhadap penyelenggara pelayanan publik meliputi pelayanan adminduk, kesehatan, transportasi.

Adapun fokus pemantauan Ombudsman yakni layanan Disdukcapil, RSUD, Damkar, Pos Pelayanan Pengamanan terpadu di beberapa Kabupaten/Kota, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.

Ombudsman Jateng bersinergi dengan konco media dalam melakukan pengawasan pelayanan publik di Provinsi Jawa Tengah. "Ombudsman RI sebagai lembaga negara pengawas eksternal pelayanan publik senantiasa bersinergi dengan Konco Media dalam melakukan pengawasan pelayanan publik, media juga punya hak mengawasi sebagaimana amanat UU 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik", tutup Sabarudin.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...
Loading...