• ,
  • - +

Artikel

Ombudsman : Mahasiswa diminta aktif sosialisasikan program LAPOR
ARTIKEL • Jum'at, 14/06/2019 • Tim Pencegahan Ombudsman RI kalsel
 
Kasubag Pengelola pengaduan Humas Pemko Banjarmasin , Novre Giyanti saat menjelaskan Fungsi LAPOR kepada Ombudsman dan Mahasiswa di Ruang Commad Center Kemarin

 

Banjarmasin - Hal ini disampaikan Asisten Ombudsman RI Kalsel Bidang pemeriksaan, Ita Wijayanti saat memimpin rombongan mahasiswa kelas publik untuk menerima layanan LAPOR di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarmasin (Kamis 13/6/2019).

Menurutnya, LAPOR merupakan senjata jitu bagi pemerintah Untuk mengundang keluhan dan masukan dari masyarakat tentang pelayanan publik di Kota Banjarmasin. 

"Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Banjarmasin yang telah menggunakan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), warga bisa memberikan segala macam keluhan dan melaporkan," ujarnya.

Lebih lanjut, Ita menjelaskan bahwa pentingnya mengenalkan LAPOR kepada publik sebelum para mahasiswa, pasalnya para mahasiswa adalah komponen katalisator yang baik atau penghubung antara pemerintah dan kebutuhan rakyat.

Selain itu mahasiswa di tuntut tidak hanya belajar di kampus tetapi juga memberikan pengabdian kepada masyarakat, salah satunya dengan melibatkan program partisipasi sosialisasi LAPOR.

Sementara itu  Kasubag Pengelola pengaduan Humas Pemko Banjarmasin, Novre Giyanti mengatakan bahwa aplikasi LAPOR merupakan aplikasi yang memfasilitasi warga kota untuk menyampaikan keluhan, pertanyaan, informasi, maupun usul/saran guna perbaikan pelayanan publik di Banjarmasin.   

Masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan, pertanyaan dan aduan bisa langsung mengirim sms ke aplikasi LAPOR,  atau langsung membuka website LAPOR ataupun dengan men-download aplikasinya .

Novre lebih lanjut menerangkan, meskipun baru jalan 3 tahun,  dengan aplikasi LAPOR, Diskominfo lebih mudah untuk menganalisis aduan masyarakat. Hal ini karena semua keluhan masyarakat terkumpul dalam aplikasi.

Supian, salah seorang mahasiswa yang mengikuti kelas Pelayaan Publik di Ombudsman Kalsel  menyampaikan saran terkait pengelolaan pengaduan berbasis elektronik yang dari waktu ke waktu terus meningkat seiring tingginya tingkat penggunaan teknologi dan informasi oleh masyarakat.

"Kami menyarankan   aplikasi LAPOR! ini ditingkatkan kualitasnya dan lebih gencar sosialisasinya agar masyarakat banyak yang mengakses dan menyampaikan aduannya demi pelayanan publik yang lebih baik ," kata Supian.




Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...
Loading...