• - +

Artikel

Ombudsman Beri Kuliah Umum di Kampus IPDN NTB
ARTIKEL • Jum'at, 26/07/2019 • Mohammad Gigih Pradhani
 
Suasana Kuliah Umum Ombudsman di IPDN NTB (Foto by:Atang_on7)

SHARE

Ombudsman Republik Indonesia sebagai lembaga negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang salah satunya diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan memandang IPDN memiliki posisi strategis dalam birokrasi masa depan. Oleh karena itu, pada hari Kamis, tanggal 25 Juli 2019 yang lalu Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat mendatangi Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Nusa Tenggara Barat.

Posisi IPDN sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, bertujuan untuk mempersiapkan kader penyelenggara negara dan pemerintahan, baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional.

"IPDN ini tempat belajarnya para calon penyelenggara pelayanan publik di masa depan, karena itu kita perlu memperkenalkan Ombudsman dan isu-isu terkait Pelayanan Publik sejak dini kepada calon-calon penyelenggara pelayanan publik tersebut," kata Adhar Hakim, S.H.,M.H Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi NTB.

Dalam materi kuliahnya di hadapan lebih dari 200 orang Praja ini Adhar menyampaikan bahwa sejak awal para Praja harus memahami bahwa sebagai penyelenggara pelayanan saat ini pemerintah tidak lagi bertindak sebagai "Pemerintah" yang hanya memerintah, tetapi lebih ke arah melayani sehingga penting untuk memahami hakekat pelayanan publik sejak dini.

"Pihak-pihak yang banyak dilaporkan kepada kami sebagian besar dari lingkup pemerintah daerah, dilaporkannya mereka kepada kami karena sebagian besar diantara mereka kurang memahami makna penyelenggara pelayanan publik yang melekat pada diri mereka sehingga diharapkan kelak kalian lah para praja IPDN yang akan melanjutkan roda pemerintahan ini benar-benar menjadi penyelenggara pelayanan publik yang melayani dengan sungguh-sungguh," lanjut Adhar.

Sementata itu Dr. Musa Sofyandi, Wakil Direktur IPDN Kampus NTB menyambut baik kehadiran Ombudsman di hadapan ratusan orang Praja IPDN. Kegiatan ini merupakan kegiatan positif yang sebenarnya tidak hanya berkepentingan kepada para Praja saja namun secara keseluruhan civitas akademika IPDN NTB. Ia menjelaskan IPDN Kampus NTB juga sangat membutuhkan pengetahuan lebih terkait keberadaan dan peran Ombudsman dan pelayanan publik di Indonesia.

Melihat antusiasme Praja pada kuliah umum Ombudsman ini, Dr. Musa Sofyandi mengatakan akan menyampaikan kepada Direktur IPDN agar kegiatan Kuliah Umum dari Ombudsman NTB dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

"Kami menilai peran Ombudsman sangat penting dalam menjaga marwah penyelenggara pelayanan publik sehingga kami akan upayakan kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan bahkan bila perlu dapat menjadi salah satu mata kuliah yang perlu untuk disampaikan kepada para mahasiswa dalam ruang-ruang kelas," kata Musa.

Musa Sofyandi juga menyampaikan bahwa pihaknya akan memanfaatkan posisi Kantor Ombudsman Perwakilan NTB sebagai lokasi praktek Praja IPDN Kampus NTB. IPDN akan mengunjungi kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi NTB untuk dapat lebih melihat pola kerja Ombudsman dalam menangani pengaduan masyarakat sehingga para Praja IPDN dapat lebih memahami Ombudsman baik secara akademik maupun secara praktik.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...
Loading...