• - +

Artikel

Ombudsman Jateng Pantau Kesiapan Penyelenggara Hadapi Mudik Lebaran 2019
ARTIKEL • Senin, 03/06/2019 • UNIT PENCEGAHAN OMBUDSMAN PERWAKILAN JAWA TENGAH
 

SHARE

Semarang - Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah  melakukan sidak secara serentak ke beberapa penyelenggara pelayanan publik yang berada di Kota Semarang. Sidak terbagi dalam 3 Tim.

 

Sabarudin Hulu, Plt. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Tengah mengatakan bahwa persiapan penyelenggara pelayanan dalam memberikan pelayanan publik pada libur lebaran tahun 2019, diperlukan sinergitas semua pihak. Diharapkan masing-masing penyelenggara pelayanan melakukan persiapan yang cukup maksimal, sehingga publik merasakan kehadiran Negara.

 

Tim Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah  mengunjungi Dinas Perhubungan Provinsi Jateng sebagai Ketua Harian Tim Koordinasi Lebaran dan Tahun Baru untuk melakukan koordinasi dengan

NTMC dan RTMC DISHUB Kota Semarang. Lokasi sidak antara lain Bandara Ahmad Yani, Terminal Bus Mangkang Type A, Stasiun Kereta Api  Poncol yang melayani perjalanan jarak dekat, Lapas Klas IIA Wanita Semarang, Pelabuhan Laut Pelindo 3 Tanjung Mas Semarang, Jasa Marga terkait Fasilitas Jalan Raya/Fasilitas Jalan Rest Area Tol Manyaran, Rumah Detensi Imigrasi Semarang, dan Disdukcapil Kota Semarang.

 

Hasil pantauan Ombudsman Jateng, posko terpadu dan SDM bidang kesehatan, Pengamanan, Pelayanan Publik, Sarana dan prasarana, baik maskapai penerbangan, armada bus, kapal laut, kereta, telah dilakukan koordinasi antar penyelenggara dalam memenuhi kebutuhan dan daya tampung penumpang, adapun lonjakan penumpang belum terlihat pada H-6 lebaran, hanya saja khusus terminal bus mangkang type A yang sekarang sudah diambil alih Dinas Perhubungan menurut keterangan ibu Eli Rusandi Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Mangkang Type A bahwa, "terminal baru diambilalih oleh dinas perhubungan, pembenahan masih dilakukan, namun masih ada kendala perusahaan armada bus belum mau mengoperasionalkan bus masuk ke dalam terminal karena dipengaruhi kendala di luar yakni masyarakat masih memilih naik di bekas Terminal Terboyo dan Terminal Bayangan Banyumanik" ujarnya.

 

Meskipun suasana libur lebaran dan cuti bersama berlangsung, pelayanan publik terkait administrasi publik seperti disdukcapil kota semarang tetap layani masyarakat jam 08.00 s.d 13.00 wib kecuali tanggal 5 dan 6 Juni 2019, dan berharap juga demikian layanan lainnya masyarakat mendapatkan layanan berkualitas, " lanjut Sabarudin Hulu.

 

Jam besuk Lapas Klas IIA Wanita Semarang bebas pada Hari H lebaran hingga H+3 lebaran (selama 4 hari) dari jam 9-12.00 dan jam 13-15.00, boleh siapa saja yang berkunjung tidak hanya anggota keluarga yang terdaftar dalam daftar pengunjung warga binaan, dibuat mekanisme khusus dan fasilitas khusus agar menampung pengunjung lebih banyak.

 

Pelayanan mudik gratis oleh Pelabuhan Laut Pellindo 3 Pelabuhan Tanjung Mas Tahun 2019 tidak sebanyak tahun sebelumnya. Hingga hari ini tercatat 1250 kendaraan bermotor dan 2211 penumpang Yang sudah mencarat di 4 dermaga yang ada di Pelabuhan Tanjung Mas. Jika dibandingkan tahun lalu, kendaraan dan penumpang yang mengikuti mudik gratis Kementerian Perhubungan melalui jalur laut hingga 3 kali lipat. Pihak Dirut Pellindo 3 menambahkan beberapa toilet tambahan dan pertama kali menerapkan e-ticketing.

 

Tim Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah menerjunkan beberapa Tim Pemantau Layanan Publik disejumlah Kabupaten/Kota di Jateng, serta membuka posko pengaduan selama libur lebaran tahun 2019 di call center 137, wa/sms 08112773797, dan email pengaduan.jateng@ombudsman.go.id. "Silahkan masyarakat menyampaikan pengaduan apabila menemukan dugaan maladmanitrasi dalam pelayanan publik selama mudik lebaran, 2019" tutup Sabarudin Hulu.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...