• - +

Artikel

Ombudsman Jateng Sidak Layanan Publik di Cilacap saat Libur Lebaran Tahun 2019
ARTIKEL • Rabu, 12/06/2019 • Tim Pencegahan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah
 
Monitoring pelayanan kunjungan keluarga warga binaan di Lapas Kelas IIB Cilacap

SHARE

Semarang - Tim Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah yang dipimpin oleh Tri Lindawati Asisten Ombudsman lakukan inspeksi mendadak (sidak) di Terminal Kelas A Bangga Mbangun Desa Cilacap, Lapas Kelas IIB Cilacap, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap.

Menurut pihak Dinas Perhubungan Cilacap, Baro'ah Diyati, yang ditemui di Posko Angkutan Lebaran Pantai Teluk Penyu (7/6) , Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap membuka posko angkutan lebaran dari H-7 sampai dengan H+7 Lebaran Idul Fitri Tahun 2019. Posko tersebut berada di beberapa lokasi yakni di Terminal Wanareja, Karang Pucung, Sidareja, Adipala, Sampang, dan Kroya.

selain itu posko terdapat di pelabuhan wisata penyeberangan Teluk Penyu, Pelabuhan Penyeberangan Seleko, Kalipanas, Prenca, Lomanis, Kutawaru, Kampung Laut, dan Cigintung. Dinas Perhubungan Cilacap juga memberikan Layanan Ramp Check kendaraan dan awak di Terminal Tipe A Bangga Mbangun Desa Cilacap.

Sidak selanjutnya Tim Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah melakukan sidak layanan di Rutan Kelas IIB Cilacap. "Jumlah penghuni Lapas 438 orang dengan rincian penghuni dalam Lapas 434 orang dan penghuni luar lapas 4 orang. Seharusnya kapasitas Lapas adalah 254 orang," tutur Tri Lindawati.

Waktu kunjungan keluarga warga binaan sejak tanggal 5-8 Juni 2019, mulai jam 8.30-15.00 WIB, waktu istirahat jam 11.30-13.00 WIB. Petugas jaga setiap harinya berjumlah 14 orang.

Pengawas Piket Kunjungan Keluarga Warga Binaan Lapas Kelas IIB Cilacap tanggal 7 Juni 2019, Heri Sutriadi, mengatakan bahwa jumlah personel piket jauh dari ideal dibandingkan dengan banyaknya keluarga warga binaan yang datang berkunjung. Namun Lapas Kelas IIB Cilacap terbantu adanya 11 orang Taruna/Taruni Politeknik Ilmu Pemasyarakatan yang magang. "Pihak Lapas menyediakan tenda besar dan hiburan berupa band/musik oleh warga binaan," tambah Tri Lindawati.

Lokasi terakhir pada sidak ini adalah Terminal Kelas A Bangga Mbangun Desa Cilacap yang dikelola langsung oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI. Tidak ada ada petugas tambahan/khusus selama mudik lebaran. Terdapat 11 orang ASN dan 31 orang non-ASN yang bertugas.

Koordinator Petugas Jaga Terminal, Suroso, mengatakan bahwa Terminal Kelas A Bangga Mbangun Desa Cilacap kekurangan rambu petunjuk dalam terminal, sedangkan pengadaan sarana/prasarana termasuk kertas dilakukan oleh pusat dan pihaknya hanya mengusulkan kepada Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat Wilayah X, D.I. Yogayakarta dan Jawa Tengah, yang berada di Kota Semarang.

"Bangunan terminal yang diresmikan tahun 2017 terdiri dari 2 lantai, namun pengunjung hanya memanfaatkan bangunan di lantai 1, lantai 2 tidak dimanfaatkan pengunjung maupun pedagang, hanya kantor petugas terminal saja," tutup Tri Lindawati.

 





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...