• ,
  • - +

Artikel

Ombudsman Kalsel: 80% Pengaduan di Posko Daring Covid 19 didominasi Pengaduan Bantuan Sosial
ARTIKEL • Senin, 18/05/2020 • Zayanti Mandasari
 
Maulana Achmadi (Asisten Bidang Pemeriksaan Laporan)

Banjarmasin - (18/05/2020). Ombudsman Kalsel membuka pengaduan secara online kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Sejak 28 April-15 Mei 2020, Ombudsman Kalsel menerima sebanyak 28 Laporan masyarakat yang disampaikan melalui http://bit.ly/covid19ombudsman dan melalui whatsapp atau email Kantor Ombudsman Perwakilan Kalsel. Hal ini disampaikan oleh Maulana Achmadi, selaku salah satu anggota Tim Penanganan Laporan Masyarakat yang terdampak Covid-19.

Dari 28 laporan yang masuk, substansi pengaduan yang disampaikan masyarakat didominasi oleh problem bantuan sosial, yakni sejumlah 23 laporan, sedangkan laporan dengan substansi lainnya seperti pelayanan kesehatan sebanyak 2 laporan, dan masalah keuangan dengan jumlah 3 laporan. Sehingga dari data tersebut, sekitar 80% laporan yang masuk merupakan keluhan tentang bantuan sosial.

"Masyarakat yang menyampaikan pengaduan ke media online Ombudsman Kalsel tersebar di beberapa wilayah di kabupaten/kota di Kalsel, seperti  Kota Banjarmasin (10 laporan),  Kabupaten Banjar (6 laporan),  Kota Banjarbaru (5 laporan),  Kabupaten Barito Kuala (3 laporan),  Kabupaten Balangan (1 laporan),  Kabupaten Tanah Laut (1 laporan),  Kabupaten Hulu Sungai Utara (1 laporan). Bahkan ada yang berasal dari DKI Jakarta", ujar Maulana.

Status laporan yang disampaikan masyarakat tersebut antara lain hingga saat ini 10 laporan masih dalam proses, 16 laporan lainnya selesai, dan 2 laporan ditolak karena tidak memenuhi syarat formil dan materil (berkas dan informasinya).

Berdasarkan pantauan Ombudsman Kalsel, beberapa kabupaten di Kalsel telah menyediakan kanal pengaduan khusus bantuan sosial (khusus di masa Covid-19) melalui whatsapp/telepon/email, seperti: Kota Banjarbaru (WA: 082158278165,email: bansosbjbcovid19@gmail.com), Tapin (WA: 081251300074, email: pengaduancoviddinsostapin@gmail.com), HSS (WA: 085387223330, email: dinsoshss@yahoo.co.id), HST (Telp: 05173792840, email: diskominfo@hulusungaitengahkab.go.id), dan Tanah Laut (WA: 081256316454, email: dinsostala@gmail.com, dan Banjarmasin (WA: 08875699198).

Maulana juga menghimbau kepada masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan berkenaan dengan bantuan sosial, dapat langsung menyampaikan ke kanal di Kabupaten/Kota tersebut. Namun jika tidak mendapatkan respon, maka masyarakat dapat menyampaikan pengaduan ke http://bit.ly/covid19ombudsman dan melalui whatsapp atau email Kantor Ombudsman Perwakilan Kalsel.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...