• - +

Artikel

Ombudsman Kalsel Sidak Harga dan Jaring Keluhan Pedagang di Sejumlah Pasar Kota Banjarmasin
ARTIKEL • Jum'at, 17/05/2019 • Tim Pencegahan Ombudsman RI Perwakilan KAlsel
 
Asisten Ombudsman Kalsel Sopian Hadi dan Beni Sanjaya saat melakukan sidak harga di salah satu pasar di Kota banjarmasin

SHARE

Banjarmasin - Ombudsman Perwakilan Kalsel melakukan sidak dan jaring keluhan para pedagang di sejumlah pasar di Kota Banjamasin, Kamis, 16 Mei 2019. Sidak ini dilakukan untuk mengecek stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat saat Ramadhan sekaligus menjaring keluhan para pedagang atas layanan publik di pasar di Kota Banjarmasin.

Kepala Keasistenan Bidang Pemeriksaan, Sopian Hadi menjelaskan kegiatan sidak atau operasi pasar ini sebagai bentuk pengawasan Ombudsman atas ketersediaan kebutuhan pokok termasuk melakukan cek atas stabilitas harga.

"Selain sidak harga, kita (tim Ombudsman) bermaksud menjaring keluhan atau harapan dari para pedagang di pasar termasuk sejauhmana potret pelayanan publik yang ada di pasar," ujarnya

Ia menjelaskan dari hasil pantauan ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat selama bulan ramadhan relatif terpenuhi hanya untuk harga tim akan melakukan perbandingan dan telaah.

Sedangkan mengenai sejumlah keluhan pedagang, menurut Sopian, mereka lebih banyak menyampaikan keluhan fasilitas layanan seperti kebersihan, retribusi dan persaingan yang semakin tinggi sehingga berdampak pada penghasilan Para pedagang. Apalagi toko modern/ritel sangat menjamur di Kota Banjarmasin.

Sopian berharap  hasilnya nanti bisa disampaikan kepada stakeholder yang terkait agar ada perbaikan pelayanan publik dan menjadi perhatian dalam menyelesaikan sejumlah keluhan pedagang.

Hal senada Juga disampaikan Kepala Perwakilan Ombudsman Kalsel Noohalis Majid. Menurutnya pasar adalah salah satu fungsi utama dalam membangun ekonomi kerakyatan untuk itu penting ada perhatian serius dari pemerintah.

"Ombudsman menaruh perhatian serius atas keberlangsungan pasar tradisonal, selain memang menjadi program pemerintah hal ini berdampak langsung bagi kesejahteraan rakyat," ucapnya.

Sejak Selasa hingga Kamis, 14 - 16 Mei 2019,  Tim Ombudsman mendatangi sejumlah pasar pradisional seperti, Pasar Kuripan, Pasar Lama, Pasar Kalindo, Pasar Cempaka, dan  Pasar Hanyar/Sudimampir. Hasil dari sidak ini akan digunakan sebagai data awal untuk melakukan kajian sistemik pelayanan publik pasar termasuk pemanatauan stabilitas harga pokok.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...
Loading...