• ,
  • - +

Artikel

Ombudsman Kalsel: Sosialisasi Tanpa Batas melalui Podcast
ARTIKEL • Kamis, 14/05/2020 • Ita Wijayanti
 
Togi L Situmorang, Asisten Ombudsman Bidang PVL saat menjadi narasumber acara Podcast Ombudsman Kalsel

    Pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi berdampak pada terbatasnya kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Ombudsman Perwakilan Kalsel. Penerapan PSBB dan physical distancing membuat kunjungan ke sekolah, kampus, dan komunitas masyarakat tidak bisa dilaksanakan sementara waktu. Menghadapi hal tersebut, Ombudsman Kalsel tidak kehabisan ide. Pada 5 Mei 2020, Ombudsman Kalsel secara perdana meluncurkan podcast yang bertema "Mengenal Ombudman". Sampai dengan saat ini, podcast Ombudsman Kalsel telah memasuki episode ke-3 yang bertema "Apa Itu Maladministrasi". Adapun podcast ini dibawakan oleh Zayanti Mandasari, Asisten Bidang Pencegahan Ombudsman Kalsel dan hadir sebagai narasumber, Togi Leonardo Situmorang, Asisten Ombudsman yang membidangi Penerimaan dan Verifikasi Laporan.

    Dalam episode ke-3 ini, pendengar diajak untuk mengenal apa itu maladministrasi dan apa saja bentuk maladministrasi yang bisa terjadi dalam pelayanan publik.

    "Pelayanan publik merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan pemerintah untuk memenuhi hak masyarakat. Namun dalam pelaksanaannya kadang bisa disimpangi sehingga terjadi maladministrasi", tutur Togi.

    Dalam pembahasan kali ini juga dijelaskan mengenai keterkaitan Ombudsman dan maladministrasi, hingga sejauh apa kewenangan Ombudsman dalam menindakanjuti maladministrasi yang terjadi dalam pelayanan publik.

    Lebih lanjut, Togi menjelaskan bahwa bentuk maladministrasi yang paling sering terjadi dan dilaporkan ke Ombudsman adalah penundaan berlarut. Dalam prosesnya, layanan seharusnya sudah memilik SOP termasuk di dalamnya jangka waktu penyelesaian layanan. Namun kenyataan di lapangan, penundaan berlarut masih seringkali terjadi, hingga akhirnya SOP yang telah dibuat tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya.

    Dengan eksisnya Ombudsman Kalsel mengudara melalui podcast, diharapkan sosialisasi mengenai Ombudsman dan pelayanan publik dapat tersampaikan secara luas kepada masyarakat tanpa harus melakukan tatap muka langsung. Ke depannya, setelah seluruh rangkaian pengenalan Ombudsman selesai disosialisasikan, podcast  episode berikutnya akan membahas mengenai isu-isu penting mengenai pelayanan publik yang terjadi di Indonesia.





    Loading...

    Loading...
    Loading...
    Loading...