• - +

Artikel

Ombudsman Kalsel Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Menerima Pengaduan Masyarakat
ARTIKEL • Selasa, 23/06/2020 • Zayanti Mandasari
 
Desy Arista Prapitasari (Asisten Bidang Penerimaan dan Verifikasi Laporan) tengah menerima pengaduan dari masyarakat

SHARE

Banjarmasin (23/06/2020) - Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan menerapkan protokol kesehatan dalam menerima pengaduan masyarakat. Setiap masyarakat yang datang ke kantor Ombudsman Kalsel, baik untuk menyampaikan pengaduan/konsultasi, mengantar surat, maupun Insan Ombudsman sendiri harus menjalani rangkaian protokol pencegahan penyebaran Covid-19 jika ingin masuk atau mengakses layanan Ombudsman Kalsel.

Petugas front office Kantor Ombudsman RI akan mengarahkan setiap orang yang datang untuk mencuci tangan, wajib mengenakan masker, dan diukur terlebih dahulu suhu tubuhnya. Khusus untuk masyarakat yang datang dengan tujuan konsultasi atau menyampaikan pengaduan, akan diterima di ruangan khusus penerimaan pengaduan yang terletak di sisi depan bangunan. Ruangan tersebut telah dilengkapi dengan meja penerimaan laporan dan dipasangi pembatas transparan (untuk mencegah droplet). Meja juga telah disesuaikan agar Asisten penerima laporan dan masyarakat tetap dapat menjaga jarak saat melakukan interaksi. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, melindungi setiap orang yang datang ke Kantor Ombudsman Kalsel, dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sesuai tugas Ombudsman, walaupun di tengah pandemi Covid-19.  

Menurut Desy Arista Prapitasari (Asisten Bidang Penerimaan dan Verifikasi Laporan), "setiap Asisten Ombudsman Kalsel, khususnya Asisten Bidang Penerimaan dan Verifikasi Laporan, tetap membuka layanan pengaduan/konsultasi masyarakat setiap harinya pada jam kerja yang berlaku (08.00 WITA s.d 16.30 WITA (jam istirahat kantor 12.00 s.d 13.00 WITA). Baik kepada masyarakat yang datang langsung, maupun secara online. Namun dalam kondisi saat ini (pandemi Covid-19), lebih disarankan kepada masyarakat untuk menyampaikan pengaduan secara online, baik melalui media sosial Ombudsman Kalsel (facebook dan instagram), email pengaduan (Kalsel@Ombudsman.go.id), ataupun melalui nomor pengaduan Ombudsman Kalsel (0811 165 3737)." 

Desy menambahkan, bahwa pengaduan yang diterima Ombudsman dapat berupa konsultasi maupun laporan. Termasuk dalam suasana tahun ajaran baru, Ombudsman menerima laporan dalam hal penyelenggaraan penerimaan peserta didik baru (PPDB), pendaftaran sekolah kedinasan, maupun hal lain yang berhubungan dengan pelayanan publik dan maladministrasi.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...