• - +

Artikel

Ombudsman Papua Barat Inspeksi Harga & Ketersediaan Bahan Pokok di Bulan Ramadhan
ARTIKEL • Kamis, 23/05/2019 • NL
 
Inspeksi Harga dan Ketersediaan Bapok oleh Tim Ombudsman di Pasar Wosi Manokwari

SHARE

Manokwari- Inspeksi Harga & Ketersediaan Bapok dilakukan Ombudsman Papua Barat sesuai tugas dan kewenangan Ombudsman dalam pengawasan pelayanan publik terkait ketersediaan bahan pokok jelang hari raya idul fitri.

" Inspeksi ini merupakan agenda Ombudsman RI yang dilakukan diseluruh Kantor perwakilan di 34 Provinsi . Inspeksi di Manokwari kami lakukan di Pasar Sanggeng dan Wosi yang terbagi atas 2 tim. Ada beberapa komoditas yang kami pantau stok dan harganya antara lain beras, gula pasir, daging sapi, daging ayam, telur, bawang merah, bawang putih, cabe merah dan tepung terigu," terang Rumbewas Plt. Kepala Perwakilan Ombudsman Papua Barat.

Dari pantauan Ombudsman didapati bahwa untuk komoditas beras, gula pasir, dan tepung terigu tidak ada peningkatan harga yang cukup berarti. Harganya relatif stabil hingga saat ini dan stok aman.

Namun komoditas yang menjadi catatan Ombudsman adalah ketersediaan bawang putih. Yang harganya meningkat tajam hingga 70.000 - 80.000per kg.

Menurut keterangan beberapa pedagang hal ini dikarenakan stok yang terlambat saat kapal belum masuk. Di Pasar Sanggeng bahkan ada beberapa pedagang yang mengaku kehabisan stok.

" Tim kami melakukan pemantauan dibeberapa distributor harga bawang putih  bersih kami dapati 50.000/kg. Harga ini sangat berbeda jauh dengan harga di pasar yang dibeli masyarakat . Kami minta dinas terkait untuk dapat melakukan sidak pasar untuk memastikan harga pasar tidak memberatkan masyarakat sebagai pembeli langsung di pasar ,"lanjut Rumbewas.

"Jangan momentum menjelang hari raya dan selama bulan ramadhan ini harga bahan-bahan pokok di pasar akan memberatkan masyarakat," tambahnya.

Selain itu Ombudsman juga mendapati harga sejumlah komoditas lain yang merangkak naik seperti daging sapi yang normalnya 110.000/kg menjadi 120.000/kg . Hal tersebut juga disampaikan oleh beberapa masyarakat yang hendak membeli daging sapi.

Cabe rawit (rica kecil) dan cabe merah besar harganya masih menguat 70.000/kg meskipun harga cabe keriting yang turun di harga 50.000/kg. Harga ini masih tinggi menurut beberapa masyarakat yang membelinya. Menurut mereka harga normal biasanya 30.000-35.000/kg. Komoditas ayam untuk ayam potong di pasar 35.000-38.000/ekor untuk ukuran kecil dan ukuran besar 50.000 -60.000 ukuran besar dan akan naik menjelang hari raya.

" Kami meminta dinas terkait untuk inspeksi pasar dan memastikan kestabilan harga bapok dan ketersediaannya tetap ada hingga jelang hari raya," tutup Rumbewas.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...
Loading...