• - +

Artikel

Ombudsman Perwakilan Kalimantan Tengah melakukan Pelatihan kepada Pahari Ombudsman Generasi II
ARTIKEL • Jum'at, 26/07/2019 • Indra
 
Peserta ToT bersama Bpk. Thoeseng (Kaper Ombudsman Kalteng) dan Indra, Asisten Pusat

SHARE

Palangkaraya - Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Tengah melakukan Pelatihan bagi calon pelatih atau Training of Trainer (ToT) kepada Pahari (Sahabat) Ombudsman, Kamis, 25 Juli 2019 bertempat di Hotel Neo Palma Pakangkaraya.

ToT ini dilaksanakan kepada Pahari Ombudsman Generasi ke-2, yang sebagian besar pesertanya berasal dari kalangan Mahasiswa. Peserta ToT kali ini terebih dahulu mengikuti seleksi melaui rekrutmen di media sosial Ombudsman Kalimantan Tengah. Dari 20 (dua puluh) peserta yang lolos seleksi, hanya 17 (tujuh belas) yang hadir mengikuti ToT ini.

Thoeseng, Kepala Perwakilan Ombudsman Kalimantan Tengah dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara Pelatihan menyampaikan bahwa ToT ini merupakan salah satu kegiatan di Bidang Pencegahan, diharapkan peserta setelah mengikuti pelatihan ini mampu membantu menyebarluaskan pemahaman, tupoksi dan keberadaan Ombudsman kepada komunitas, keluarga dan masyarakat luas lainnya.

Indra, Asisten Ombudsman Komunikasi Strategis yang hadir langsung dari Jakarta sebagai narasumber, menyampaikan bahwa dalam kegiatan pelatihan hari ini akan dijelaskan mengenai Ombudsman, Maladministrasi,  Pelayanan Publik dan Partisipasi Masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik.

"Pelatihan ini sifatnya serius tapi santai, harapannya peserta mampu memahami paparan yang nanti disampaikan," lanjut Indra.

Pelatihan yang dipandu oleh Putri Viana, Asisten Ombudsman Perwakilan Kalimantan Tengah berlangsung sangat menarik. Para peserta sangat antusias menyimak dan bertanya-jawab seputar paparan yang disampaikan. 

Di sela-sela acara dilakukan lomba yel-yel dari masing-masing kelompok dan permainan (games) kahoot.it yang menambah suasana menjadi lebih santai dan tidak membosankan.

Yusron Roni, salah satu peserta menyampaikan saran supaya Pahari Ombudsman yang telah mengikuti pelatihan ini diberi kesempatan untuk terus mengikuti kegiatan Ombudsman lainnya.

"Pelatihan semacam ini perlu ditingkatkan lagi, dan Pahari yang hadir hari ini dapat dilibatkan dalam pelatihan tingkat selanjutnya," ujar Yusron.

Pelatihan ini diakhiri dengan membuat komitmen bersama antara Pahari dengan Ombudsman Perwakilan Kalteng. Penyerahan sertifikat sebagai keikutsertaan kepada peserta dan photo bersama menjadi sesi penutup pelatihan ini. (IN)





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...