• ,
  • - +

Artikel

Percepat Penyelesaian laporan Sekaligus Peningkatan Kualitas SDM Internal. Ombudsman Panggil Tiga Ahli .
ARTIKEL • Kamis, 05/09/2019 • Muhammad firhansyah
 
Ahli Media relation Diana Rosianty (berdiri tengah) Saat memberikan materi Kepada Insan Ombudsman RI Kalsel Fhoto By Noorhalis majid


Banjarmasin - Rabu, 4 September 2019, Ketiga Ahli tersebut yakni Pakar Hukum Tata Negara Universitas Lambung Mangkurat (ULM) DR H Mohammad Effendi SH MH  , Pakar Tinjauan P2TL Ady Ariefianto manager II TEL Listrik dan Pakar Media Relation Diana Rosianti (Duta TV)

Dipanggilnya ketiga ahli tersebut, selain mempercepat penyelesaian sejumlah laporan yang ditangani tim pemeriksaan internal, juga dimaksudkan menambah referensi analisa, masukan LAHP, sekaligus peningkatan kapasitas sumber daya manusia di internal

Menurut Noorhalis. Dinamika perkembangan laporan di Ombudsman Kalsel 4 tahun terakhir cenderung masuk pada persoalan yang lebih rigid dan rumit, dalam artian tak hanya sebatas laporan pelayanan publik dasar semata tapi memerlukan kajian systemic maladministrasi yang kuat .

Ia mencontohkan beberapa tahun terakhir Ombudsman kerap mendapat laporan dari pejabat publik mulai dari Sekretaris Daerah, Wakil Kepala Daerah sampai Kepala Daerah pun pernah menyampaikan keluhan ke Ombudsman.

Menyikapi hal tersebut Noorhalis mengatakan . maka perlu banyak masukan, keahlian dan penguatan audit hukum sehingga tindaklanjut Ombudsman tetap sesuai koridor dan berasaskan keadilan

"Kita terus tambah keahlian Asisten Ombudsman agar bisa terus siap menghadapi segala perubahan dan tantangan dalam menghadapi dinamika laporan publik dan tahu strategi menyelesaikannya" Ucap Noorhalis

Sementara itu salah satu Asisten Ombudsman RI Zayanti Mandasari mengatakan ketiga ahli yang diundang Ombudsman sudah teruji kapasitas dan keahliannya . dan hal ini sangat membantu dalam percepatan penanganan laporan.

Selain itu menurutnya untuk keahlian media relation atau komunikasi pihaknya banyak mendapat pencerahan untuk perbaikan Publik Speaking sekaligus menambah nilai mutu SDM Ombudsman.

 "Sangat senang dan antusias dengan agenda Ombudsman bersama ahli.dan ini penting untuk terus di jadwalkan secara rutin," katanya

Salah satu pakar/ahli yang di undang, Diana Rosianty menuturkan penting bagi Ombudsman sebagai lembaga Pengawas untuk terus memahami komunikasi publik yang baik apalagi SDM nya dituntut memberikan pelayanan pengaduan publik. Sehingga wajib ada pelatihan  rutin semata-mata demi perbaikan kualitas pelayanan itu sendiri.

Diskusi bersama ahli digelar sejak tanggal 2 sampai 4 September 2019 di Banjarmasin membahas sejumlah Perkembangan laporan masyarakat yang semakin hari semakin kompleks dan rumit menuntut Internal Ombudsman RI Kalsel untuk selalu meningkatkan pengetahuan, dan wawasan dalam perbaikan pelayanan publik






Loading...

Loading...
Loading...
Loading...