• ,
  • - +

Artikel

Transformasi Diseminasi Live Streaming Facebook Ombudsman Babel
• Jum'at, 25/09/2020 • Maya Septiani
 
Anggota Ombudsman RI, Plt. Kepala Perwakilan Ombudsman Babel, EGM Bandara Depati Amir PT Angkasa Pura II dan Tim Live Streaming Ombudsman Babel. (foto by Landuri Gita)

Pangkal Pinang- Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung selalu berusaha memberikan inovasi ditengah pandemi Covid-19. Adapun inovasi tersebut berupa program diseminasi dalam jaringan (daring) melalui Live Streaming Facebook yang dinaungi oleh Keasistenan Pencegahan MaladministrasiProgram tersebut berdasar pada Pasal 6 dan Pasal 7 Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia. Apabila melihat ke belakang, program tersebut telah berjalan sejak bulan Juni  lalu. Latar belakang dan urgensi diadakannya diseminasi daring adalah dalam rangka pengumpulan konsultasi dan laporan masyarakat untuk memberikan pelayanan yang optimal dan efektif bagi masyarakat terlebih di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, untuk memudahkan masyarakat dalam berkonsultasi maupun menyampaikan laporan terkait dugaan maladministrasi melalui kanal-kanal pengaduan Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung demi meminimalisasi tatap muka langsung.

Inovasi yang diusung dengan nama program Ngobrol Santai Bersama Ombudsman Babel telah berjalan sebanyak enam edisi. Edisi pertama dilaksanakan pada tanggal 12 Juni 2020 dengan tema materi yang diangkat adalah"Ombudsman dalam Mengawal Pelayanan Publik". Kemudian, edisi kedua dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2020 dengan mengangkat tema terkait "Cara Mudah Melapor ke Ombudsman". Edisi ketiga telah dilaksanakan pada tanggal 07 Agustus 2020 dengan mengangkat tema "Keistimewaan Pemeriksaan Ombudsman". Selanjutnya, pada edisi keempat tanggal 28 Agustus 2020 diangkat tema terkait "Hasil Pemeriksaan Ombudsman: Haruskah Selalu Rekomendasi?". Sedangkan edisi kelima pada tanggal 11 September 2020 terkait dengan "Sang Pemberi Pengaruh". Adapun pemilihan tema-tema tersebut secara garis besar merupakan alur dari konsultasi dan laporan di Ombudsman. Selain itu, narasumber dan moderator merupakan seluruh asisten maupun calon asisten Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam berbicara di muka umum.

Pada hari ini, Jumat, tanggal 25 September 2020 suatu keistimewaan Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung untuk mengemas program tersebut menjadi lebih menarik. Hal tersebut seiring dengan diluncurkannya ruangan media pusat sebagai wadah dalam melakukan diseminasi maupun kegiatan lain secara daring. Pada acara hari ini, apabila sebelumnya dari edisi pertama sampai dengan edisi kelima program tersebut didukung dengan aplikasi, namun saat ini disajikan secara Talkshow seperti acara-acara televisi pada umumnya. Hal tersebut sejalan dengan harapan Tim Pusat Media untuk lebih memberikan sajian yang terbaik seputar Ombudsman dan pelayanan publik.

Perlu diketahui bahwa program Ngobrol Santai Bersama Ombudsman Babel telah diikuti oleh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Padahal, tujuan awal dilaksanakannya program tersebut adalah untuk membumikan Ombudsman di tanah Serumpun Sebalai. Adapun hal tersebut dapat dilihat dari besarnya antusiasme masyarakat Indonesia untuk mengikuti setiap program Ngobrol Santai Bersama Ombudsman dengan mengisi formulir google yang telah disediakan. Kemudian, inovasi selanjutnya yang menjadi menarik bagi masyarakat adalah dengan disediakannya e-certificate dan hadiah menarik bagi masyarakat yang bertanya maupun konsultasi. Respon positif pun mulai membanjiri laman Facebook Ombudsman RI Bangka Belitung.

Dan pada hari ini, respon positif pun diakui secara langsung oleh Alvin Lie selaku Anggota Ombudsman Republik Indonesia dan M. Syahril selaku Executive General Manager Bandara Depati Amir PT. Angkasa Pura II yang secara garis besar mengapresiasi atas berjalannya acara talkshow Ngobrol Santai Bersama Ombudsman Babel. Bahkan, Alvin Lie mengatakan bahwa ruangan pusat media dan program talkshow tersebut merupakan satu-satunya yang telah dilakukan oleh perwakilan se-Indonesia. Hal ini menjadi nilai positif untuk lebih meningkatkan semangat dan menjadi inspirasi bagi perwakilan-perwakilan lain. Semoga hari ini menjadi titik tolak untuk Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Babel khususnya serta masyarakat Indonesia pada umumnya.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...