• ,
  • - +
Belasan Tahanan Polsek Kalideres Kabur, Ini kata Ombudsman
Kliping Berita • Jum'at, 17/04/2020 •
 
Anggota Ombudsman, Adrianus Meliala

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI - Belasan tahanan kabur dari Rutan Mapolsek Kalideres, Jumat (17/4/2020) dini hari.

Anggota Ombudsman RI Adrianus Meliala menilai kasus tahanan kabur ini merupakan kelalaian pihak kepolisian setempat. Sebab kata Adrianus para tahanan tersebut aktifitasnya sudah dibatasi selama ini.

"Menurut saya, ini kelalaian. Namanya saja menahan orang, artinya melakukan inkapasitasi. Yakni membuat orang berkurang kapasitasnya untuk berperilaku," kata Adrianus, Jumat (17/4/2020).

Karenanya kata dia jika tahanan masih bisa kabur, maka apa yang dilakukan polisi sudah gagal.

"Alasannya mungkin, karena ruang penahanan terlalu penuh, penjaga kurang, sehingga tahanan dibobol dan seterusnua. Apapun namanya, kesalahan ada pada kepolisian," katanya.

Adrianus mengatakan mengingat Polda Metro Jaya dan jajaran adalah barometer kepolisian, maka bisa dibayangkan permasalahan kemampuan polda dan polres di luar Pulau Jawa terkait hal ini.

"Propam biasanya sudah punya mekanisme. Petugas yang jaga dan Kasi Wattah Polres pasti diperiksa Propam.

"Kalau ada indikasi kesengajaan mengeluarkan atau membantu mengeluarkan, bisa kena sanksi disiplin, sanksi etik bahkan pidana sekaligus," katanya.

Sebelumnya warga di kawasan Semanan, Kalideres, Jakarta Barat ketakutan karena belasan tahanan kriminalitas kabur usai menjebol ruang Rutan Mapolsek Kalideres, Jumat (17/4/2020) dinihari. Warga meminta pihak kepolisian untuk segera menangkap tahanan yang kabur, sehingga mereka merasa nyaman dan aman ketika melakukan aktifitas di luar dan dalam rumahnya. Polisi sendiri hingga kini belum menjelaskan soal kejadian itu.

Sebelumnya, Lurah Semanan Bayu Fadeyen membenarkan kejadian tersebut. Ia mendapatkan laporan bahwa sejumlah warga RW 02 Semanan diminta bantuan oleh aparat kepolisian untuk menangkap belasan tahanan yang kabur. Sebelumnya viral video tahanan kabur di Polsek Kalideres. Dalam video beberapa tembakan senjata api dari aparat kepolisian terdengar ketika mencoba memperingati sejumlah tahanan yang kabur.

Para warga pun berkumpul di pinggir Kali Mookevart melihat sejumlah tahanan kabur yang tengah diburu polisi.

Foto-foto Tahanan Kabur dari Polsek Kalideres, Ada Sebelas Tahanan yang Diduga Masih Buron

Lolosnya belasan tahanan Polsek Kalideres pada Kamis (16/4/2020) viral di medis sosial. Bersamaan dengan tersiarnya kabar buruk tersebut, medis sosial diramaikan dengan sejumlah foto-foto tahanan yang kabur dari Polsek Kalideres dan diduga masih buron sekarang.

Belum diketahui penyebab dan kabar terbaru atas kaburnya belasan tahanan dari Polsek Kalideres pada Kamis (16/4/2020) malam, beredar luas sejumlah potret di media sosial. Potret tersebut diungkapkan merupakan tahanan yang berhasil lolos dari pengejaran polisi dan warga semalam. Foto-foto tahanan tersebut seperti yang diunggah oleh akun instagram @news_jabotabek; pada Jumat (17/4/2020) dini hari.

Dalam postingannya, tercatat ada sebanyak sebelas orang pria yang disebut sebagai tahanan Polsek Kalideres. Mereka yang berasal dari latarbelakang kasus hukum disebutkan masih buron dan kini masih dalam pencarian. Berikut foto-foto pria yang diduga merupakan tahanan Polsek Kalideres yang berhasil buron pada Kamis (16/4/2020) malam :


Terkait beredarnya potret sejumlah pria yang disebut sebagai tahanan Polsek Kalideres yang berhasil buron, Wartakotalive.com mencoba mengkonfirmasi Kapolsek Kalideres Indra Maulana. Namun demikian pesan maupun sambungan telepon belum dibalas sampai berita ini dimuat.

Ditangkap Warga

Belasan tahanan kabur di Polsek Kalideres berhasil di amankan polisi dan warga selang dua jam dari aksi pelarian Jumat (17/4/2020) dini hari. Ketua RW 02 Semanan Didin Amindra mengakui bahwa sebagian warganya membantu polisi menangkap tahanan kabur. Kira-kira pukul 00.30 WIB, polisi menginformasikan warga tentang adanya tahanan kabur dengan beberapa ciri-ciri seperti pakaian basah.

"Katanya sih semalam sudah tertangkap semua. Pukul 02.30 WIB 15 tahanan yang kabur kata warga sudah tertangkap semua, tapi itu hanya laporan warga ya bukan polisi," jelasnya dihubungi Jumat (17/4/2020).

Kata Didin tahanan kabur itu ditangkap polisi dan warga di sekitar Polsek Kalideres. Didin memastikan bahwa kejadian tahanan kabur itu bukan terjadi di wilayah RW 02. Namun memang wilayah itu tepat berada di seberang Polsek Kalideres.

"Jadi kaburnya tidak sampai ke RW 02," jelasnya.

Ketika itu polisi meminta warga untuk menangkap beberapa pria dengan pakaian basah. Hal itu lantaran sebagian tahanan kabur mencoba kabur dengan menceburkan diri ke Kali Mookervart.

Sebelumnya viral video tahanan kabur di Polsek Kalideres.

Dalam video beberapa tembakan senjata api dari aparat kepolisian terdengar ketika mencoba memperingati sejumlah tahanan yang kabur. Para warga pun berkumpul di pinggir Kali Mookevart melihat sejumlah tahanan kabur yang tengah diburu polisi.

Video detik-detik Penangkapan Tahanan Kabur

Video penangkapan tahanan kabur tersebut terekam dan beredar luas di media sosial Satu diantaranya diunggah oleh akun @news_jabotabek; pada Jumat (17/4/2020) dini hari.


Dalam video yang diunggah, terlihat puluhan warga tengah berkumpul di sisi Kali Mookervart. Warga yang berkumpul terlihat mengamati kondisi Kali Mookervart yang gelap. Sebagian orang menunjuk sejumlah sisi Kali Mookervart, sedangkan pada sisi lainnya ikut turun ke bawah Kali Mookervart.

"Detik-detik penangkapan napi yg kabur di polsek kalideres dini Hari. Info terkini 2 orang napi tertembak, 1 tewas tertembak," tulis admin @news_jabotabek; pada Jumat (17/4/2020) dini hari.

Ada yang belum ditangkap

Tahanan Polsek Kalideres kabur Jumat (17/4/2020) dini hari. Para warga di Semanan, Kalideres, Jakarta Barat gotong royong untuk menangkap belasan tahanan yang kabur itu. Lurah Semanan Bayu Fadeyen membenarkan kejadian tersebut. Ia mendapatkan laporan bahwa sejumlah warga RW 02 Semanan diminta bantuan oleh aparat kepolisian untuk menangkap tahanan kabur.

"Saya dapat laporan sejumlah tahanan loncat ke Kali Mookervart. Itu pukul 00.30 WIB warga mendengar ada ribut-ribut ternyata tahanan kabur," kata Bayu dihubungi Jumat (17/4/2020).

Bayu mengatakan lokasi tahanan kabur itu kebetulan persis masuk ke wilayahnya di perbatasan Kelurahan Semanan dan Kelurahan Kalideres. Hingga akhirnya beberapa tahanan kabur dapat diamankan oleh aparat polisi yang dibantu warga. Meski demikian, Bayu mengaku belum tahu pasti berapa jumlah tananan yang kabur dan berhasil ditangkap oleh warga.

"Katanya sih tersisa satu belum ditangkap. Tapi saya tidak tahu pasti coba konfirmasi ke Kapolsek ya," ujar Bayu.

Wartakotalive.com mencoba menghubungi Kapolsek Kalideres Indra Maulana. Namun demikian pesan yang dikirim belum dibalas sampai berita ini dimuat. Sebelumnya viral video tahanan kabur di Polsek Kalideres. Dalam video beberapa tembakan senjata api dari aparat kepolisian terdengar ketika mencoba memperingati sejumlah tahanan yang kabur. Para warga pun berkumpul di pinggir Kali Mookevart melihat sejumlah tahanan kabur yang tengah diburu polisi.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...