• ,
  • - +
Gus Yahya: Ombudsman RI Punya Peran Sentral
Siaran Pers • Selasa, 24/05/2022 •
 
Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih

Siaran Pers

Nomor 026/HM.01/V/2022

Selasa, 24 Mei 2022


Jakarta - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, K.H. Yahya Cholil Staquf atau dikenal dengan Gus Yahya hadir secara virtual dalam acara Halalbihalal Ombudsman RI 1443 Hijriah, pada Selasa (24/5/2022). Pada kesempatan ini, Gus Yahya menyampaikan bahwa Ombudsman RI memiliki peran sentral dalam pengawasi penyelenggaraan pelayanan publik.

"Ombudsman diamanatkan undang-undang untuk bertanggung jawab mengawasi pelayanan publik di negara ini. Agar apa yang dicita-citakan pada pembukaan UUD 1945, khususnyamemajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa ini dapat terwujud," ujar Gus Yahya.

Ia menambahkan, Ombudsman RI keberadaanya masih tetap eksis dan semakin kokoh dalam menjalankan tugas dan fungsinya. "Ombudsman RI didirikan karena ada kesadaran bahwa ketika memulai era reformasi, para pemimpin bangsa berupaya memulai perjuangan untuk membangun suatu peradaban baru pada penyelenggaraan negara," terang Gus Yahya.

Ketua Ombudsman RI, Mokh. Najih dalam sambutannya menyampaikan, Ombudsman RI berdiri sejak tahun 2000 atas inisiasi dari Presiden RI keempat, Almarhum Abdurrahman Wahid melalui Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 2000. Sehingga terbentuklah Komisi Ombudsman Nasional (KON) yang diketuai oleh Antonius Sujata.

"Sebagai Insan Ombudsman RI, kami meneguhkan bahwa Presiden keempat Almarhum Abdurrahman Wahid sebagai Bapak Ombudsman atas peran pentingnya dalam pembentukan Ombudsman RI. Kemudian Gus Yahya dalam hal ini menjadi penyambung dan semoga dapat menyertai kami untuk terus membawa semangat dalam menjalankan tugas mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik," ujar Mokh. Najih.

Ia menambahkan, peran Gus Yahya dalam menghidupkan pemikiran Gus Dur ini, diharapkan dapat menjadi pendorong dan penyemangat dalam mensinergikan seluruh komponen masyarakat untuk mendukung peran fungsi pengawasan dan pencegahan maladministrasi yang menjadi tugas dan kewenangan Ombudsman RI.

Turut hadir dalam kegiatan ini baik secara luring maupun daring, Wakil Ketua Ombudsman RI, Bobby Hamzar Rafinus, Anggota Ombudsman RI Dadan S Suharmawijaya, Hery Susanto, Indraza Marzuki Rais, Jemsly Hutabarat, Johanes Widijantoro, Yeka Hendra Fatika dan Robert Na Endi Jaweng, Sekretaris Jenderal Suganda Pandapotan Pasaribu. Selain itu hadir pula para insan Ombudsman di Pusat dan Perwakilan serta rekan-rekan jurnalis media massa. (*)

Narahubung:

Kepala Biro Humas dan TI

Wanton Sidauruk


 





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...