• ,
  • - +
Menteri PPN: Ombudsman Diperlukan Sebagai Penyeimbang
Kabar Ombudsman • Jum'at, 16/08/2019 •
 

Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Badan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro menyatakan bahwa Ombudsman sangat diperlukan untuk menyeimbangkan tentang apa yang dilaporkan dengan kondisi yang terjadi di lapangan. Hal ini disampaikan oleh Bambang Brodjonegoro dalam acara Bedah Buku Terima Kasih Ombudsman di Aula Lantai Dasar Ombudsman, Kamis (15/8).

"Proses yang terkadang dilupakan adalah evaluasi, di sana bisa dilihat apa ada konsistensi. Evaluasi dilakukan oleh banyak pihak. Salah satunya adalah Ombudsman. Ombudsman adalah pihak yang penting untuk melakukan pengawasan bagi pemerintah," jelas Bambang.

Bambang berharap agar Ombudsman semakin meningkatkan awareness dengan semakin banyaknya pelayanan publik yang menggunakan teknologi digital.

Selanjutnya Najwa Shihab, Duta Baca Indonesia, berharap agar hasil kerja Ombudsman menjadi stempel bagi Kementerian Lembaga yang lain. "Saya melihat survei-survei yang dilakukan Ombudsman sangat menarik. Yang harus dilakukan Ombudsman selanjutnya adalah bagaimana cara memperkuat Ombudsman, agar semakin dikenal, terstruktur, sistematis, dan massif," ujar Najwa.

Najwa Shihab juga menyampaikan bahwa tren laporan ke Ombudsman semakin meningkat. "Maka Ombudsman harus meningkatkan kredibilitas. Kuncinya adalah dari internal. Ombudsman adalah lembaga yang pastikan hak-hak publik terlayani. Saya berharap agar Ombudsman didukung banyak pihak," tegas Najwa.

Anggota Ombudsman Adrianus Meliala menyampaikan akan berusaha memperbaiki yang menjadi kekurangan Ombudsman dan memenuhi harapan masyarakat. "Kami akan coba mempertajam taring dan taji," tegas Adrianus.

Pada acara ini dibahas mengenai buku Terima Kasih Ombudsman yang memuat surat-surat dari masyarakat yang menyampaikan ungkapanpenghargaan dan rasa terima kasih atas kinerja Ombudsman RI. Bedah buku ini dihadiri oleh para pustakawan dari kementerian dan lembaga khusus di Jakarta. Turut hadir dalam acara adalah Ketua Ombudsman Amzulian Rifai, Wakil Ketua Ombudsman Lely Pelitasari, Anggota Ombudsman Alamsyah Saragih dan Alvin Lie. (NI)





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...