• - +
Ombudsman Perkuat Kerjasama dengan TNI
Kabar Ombudsman • Senin, 29/04/2019 • anita_widyaning
 

SHARE

Jakarta - Anggota Ombudsman Republik Indonesia, Ninik Rahayu dan Dadan Suparjo Suharmawijaya didampingi oleh Kepala Biro Fasilitasi Pelayanan Teknis, Amran Jamaluddin dan Asisten Muda, Nyoto Budiyanto melakukan pertemuan dengan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Marsekal Hadi Tjahjanto pada hari Rabu (26/04) di Markas Besar TNI, Cilangkap Jakarta Timur.

Agenda pertemuan ini membahas, tentang perlunya meningkatkan sinergi Ombudsman yang memiliki kewenangan pengawasan terhadap kinerja pelayanan publik, termasuk lembaga bidang pertahanan dan keamanan. Guna mengefektifkan sinergi kerja ke depan baik terkait penyelesaian laporan maupun pencegahan dilakukan persiapan penyusunan Nota Kesepahaman antara Ombudsman RI dengan TNI.

Nota Kesepahaman tersebut akan mencakup bidang pendidikan dan pelatihan, pengamanan, serta penguatan Unit Pengaduan Masyarakat, dan lainnya yang terkait langsung dengan pelayanan publik masyarakat. Pengamanan mencakup pengawalan pejabat Ombudsman Republik Indonesia yang sedang bertugas melakukan investigasi di daerah marjinal dan perbatasan.

Dalam kesempatan tersebut Ninik Rahayu menyampaikan terdapat banyak masyarakat ataupun anggota TNI yang belum mengetahui dan memahami tugas pokok, wewenang, juga fungsi Ombudsman Republik Indonesia. "Hal tersebut menyebabkan masih banyak yang bertanya-tanya ketika di lapangan mengenai Ombudsman Republik Indonesia," imbuhnya.

Ke depan, Ombudsman akan terus meningkatkan sosialisasi dan penyebaran informasi kepada masyarakat guna terciptanya pelayanan publik yang merata ke seluruh Indonesia.

Penyusunan Nota Kesepahaman juga akan diikuti dengan penyusunan Perjanjian Kerja Sama dengan Tiga Matra TNI. Dengan demikian diharapkan dapat mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat sekaligus terjalin aliansi dan kerjasama intensif dengan TNI. (MFM)





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...