• ,
  • - +
Ombudsman Tinjau Pelabuhan Merak Terkait Kesiapan Mudik 2022Ombudsman Tinjau Pelabuhan Merak Terkait Kesiapan Mudik 2022
Kabar Ombudsman • Rabu, 20/04/2022 • hastiauliaombudsmangoid
 

Banten - Anggota Ombudsman RI Johanes Widijantoro melakukan peninjauan persiapan Pelabuhan Merak menjelang Mudik Lebaran Tahun 2022, Selasa (19/4/2022). Dalam kunjungan yang diterima oleh General Manager PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Merak Lutfi Pratama, Johanes Widijantoro menyatakan akan mendukung terus penyelenggara pelayanan serta membantu penyelenggara jika ada hal kekurangan atau kendala-kendala, maka Ombudsman RI akan membantu berikan masukan saran-saran dan solusi.

"Kita berharap pemantauan ini dapat membantu pihak penyelenggara pelayanan publik khususnya pada pelayanan pengamanan Mudik Lebaran dalam mempersiapkan pelayanan pengamanan serta pencegahan maladministrasi selama masa Mudik Lebaran Tahun 2022," harap Johanes.

Lutfi Pratama menjelaskan, pada perayaan Mudik Lebaran tahun ini akan ada peningkatan penumpang sebanyak 15% dari jumlah tahun 2019 dengan total 200.000 penumpang menjadi 210.000 penumpang di pelabuhan. Berdasarkan jumlah tersbut pihak PT ASDP akan memaksimalkan penggunaan aplikasi Ferizy dalam mengontrol lonjakan penumpang, dengan penambahan jumlah kuota serta penambahan kapal dengan total sebanyak 68 kapal pada 34 dermaga yang akan dioperasikan.

Lutfi juga menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi bagi masyarakat yang belum mengetahui aplikasi Ferizy, PT ASDP juga akan membuat posko pelayanan aplikasi Ferizy di rest area tol sehingga memudahkan masyarakat dalam pembelian tiket secara langsung kepada petugas.

Dalam penanganan protokol kesehatan, Lutfi menjelaskan PT ASDP sudah berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk menyiapkan antigen dan vaksin booster bagi masyarakat yang belum melakukan antigen dan vaksin booster, selain itu pihak Badan Intelijen Negara (BIN) juga akan menyiapkan vaksin booster dimulai dari hari sabtu besok.

"Untuk penanganan kesehatan, kita akan siapkan pos kesehatan dengan tiga unit mobil ambulance dan satu unit emergency dengan kendaraan beroda tiga untuk mempermudah penanganan," jelas Lutfi.

Lutfi juga menyampaikan, bahwa PT ASDP sudah mengantisipasi kepadatan kendaraan dengan membuat tenda-tenda yang berfungsi untuk tempat berteduh penumpang ketika menunggu antrian masuk. Khusus untuk kendaraan sepeda motor, PT ASDP menambah 18 loket tambahan, parkir tambahan, dan penambahan kapal jika muatan kapal sudah terlalu penuh.

Sedangkan dalam pengamanan selama masa mudik lebaran tahun 2022, PT ASDP akan menyiapkan sekitar 224 personil keamanan dan akan ada tambahan dari personil kepolisian, TNI, dan lainnya. Petugas juga sudah disiapkan sekitar kurang lebih 1000 petugas dengan pemadatan shift dan penambahan jam lembur.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...