• ,
  • - +
Pemda Jadi Instansi yang Paling Banyak Dilaporkan Terkait Maladministrasi
Kliping Berita • Selasa, 17/12/2019 •
 
Ombudsman RI menyampaikan catatan laporan akhir tahun 2019 di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa (17/12/2019) | AKURAT.CO/Bayu Primanda

AKURAT.CO, Pemerintah Daerah (Pemda) menjadi instansi terlapor yang paling banyak diadukan ke Ombudsman Republik Indonesia (ORI).

Sekiranya, terdapat 11.087 laporan yang masuk ke kantor Ombudsman sepanjang 2019, yang mana hampir setengahnya terkait dugaan maladministrasi penegakan hukum di wilayah Pemda.

"Pemerintah Daerah menjadi terlapor yang banyak diadukan oleh masyarakat yang berkaitan dengan pelayanan publik sebanyak 41,03 persen," ungkap Anggota Ombudsman RI, Ninik Rahayu, di kantornya, Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Sementara itu, peringkat kedua terlapor dugaan maladministrasi ditempati oleh Kepolisian dengan angka 13,84 persen, disusul Kementerian di tempat ketiga dengan angka 9,87 persen.

Ombudsman, menurut Ninik, menganggap perlu memberikan catatan akhir tahun atas hasil proses laporan-laporan tersebut agar hal itu menjadi perhatian para pemangku kebijakan di instansi terkait.

"Diharapkan mereka mencermati dan melakukan perbaikan pelayanan publik," ujarnya.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...