• ,
  • - +
Penanggulangan Covid-19, Ombudsman Sarankan Potong Anggaran BLU
Kliping Berita • Sabtu, 18/04/2020 •
 
Anggota Ombudsman, Ahmad Alamsyah Saragih

JawaPos.com - Ombudsman Republik Indonesia (RI) menyoroti keseriusan pemerintah dalam melakukan pemotongan anggaran untuk penanggulangan bencana covid-19. Padahal anggaran untuk mengatasi wabah covid-19 tidaklah sedikit.

Anggota Ombudsman RI Ahmad Alamsyah Saragih menilai, dana yang dibutuhkan pemerintah dalam menanggulangi Covid-19 sangat besar. Pada kenyataannya, hingga saat ini belum terlihat realokasi dan re-focus anggaran secara signifikan. "Saat ini pemotongan anggaran yang dilakukan pemerintah untuk menanggulangi dampak ekonomi dan sosial akibat pandemi Covid-19 baru 10 persen," kata Ahmad Alamsyah Saragih kepada JawaPos.com, Sabtu (18/4).

Seharusnya, kata Alamsyah, anggaran yang dipotong bisa lebih besar lagi. Supaya, dapat menangulangi masalah kesehatan akibat Covid-19 dan dapat mempertahankan konsumsi masyarakat. "Jangan saat ini pemerintah malah memikirkan stimulus," imbuhnya.

Menurut Alamsyah, untuk penanganan covid-19 pemerintah bisa merealokasikan anggaran dan memanfaatkan dana yang dikelola oleh Badan layanan Umum (BLU). Dia mencontohkan dana yang dikelola Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) yang totalnya mencapai Rp 3,16 triliun.

"Menteri Keuangan seharusnya dapat menarik dana yang dikelola oleh BLU BAKTI terlebih dahulu. Dana tersebut dapat dipergunakan untuk penanggulangan Covid-19," kata dia. Pemanfaatan pemotongan angaran itu bisa untuk membeli sembako dan bantuan langsung tunai (BLT) yang jumlahnya cukup besar.

Sebelumnya, Dirut BAKTI Anang Latif mengatakan, pihaknya tetap menjalankan megaproyek menjalankan Proyek Satelit Multifungsi (SMF) SATRIA. Proyek tersebut menelan dana tidak kurang dari Rp 21 triliun.

"BAKTI terus menjalankan proses financial closing SATRIA. Bahkan kami tengah berupaya untuk mendatangkan investor dari Prancis dan Tiongkok untuk menjalankan proyek tersebut," terang Anang pada acara diskusi yang dilakukan secara online.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...