• ,
  • - +
Seleksi CPNS 2019, Ombudsman RI Akan Buat Tim Pengawas
Kliping Berita • Kamis, 07/11/2019 •
 
Sumber Foto : kompas.com

Watyutink.com - Ombudsman RI akan membentuk tim pengawas untuk mengawasi dan menerima pengaduan dari masyarakat, khususnya yang mengikuti seleksi CPNS 2019.

Laode Ida, Anggota Ombudsman menyampaikan rencana tersebut usai menggelar pertemuan tertutup dengan perwakilan Kementerian PAN-RB, Kemendikbud, dan Badan Kepegawaian Negara di kantornya, Jakarta (06/11/2019).

Laode juga menuturkan bahwa pihaknya telah meminta kementerian dan pihak terkait untuk mengantisipasi permasalahan yang timbul selama proses seleksi CPNS 2019.

Berdasarkan data tahun 2018, kata Laode, pihaknya menerima pengaduan hampir 2.000 laporan. Kemenkumham menjadi pihak yang paling banyak diadukan. Sementara untuk kategori daerah, ia menyebut DKI Jakarta berada di urutan pertama.

Laode juga menyampaikan terdapat sejumlah permasalahan umum yang kerap ditemui selama proses seleksi CPNS, seperti persyaratan yang membingungkan, persyaratan akreditasi, hingga pengiriman berkas ke instansi penyelenggara.

Khusus persyaratan, kerap kali dibuat menjebak dan menghilangkan hak peserta seleksi CPNS. Contohnya soal banyak perserta yang kuliah di jurusan administrasi negara tidak bisa mendaftar karna dalam nomenklatur hanya ada jurusan administrasi publik.

Lebih dari itu, Laode mengimbau seluruh kementerian dan lembaga penerima CPNS untuk menyediakan layanan pengaduan bagi penerima CPNS penting, agar peserta tidak kebingungan dalam mencari informasi atau menindaklanjuti pengaduan.

Semoga prosesn CPNS 2019 berjalan lancar, sudah bersiap ikut seleksi?





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...