• - +

Kabar Perwakilan

3 OPD di Pemprov Riau Sering Diadukan Masyarakat
PERWAKILAN: SUMATERA BARAT • Jum'at, 05/04/2019 •
 

SHARE

JawaPos.com - Tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (pemprov) Riau sering dilaporkan masyarakat ke Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Riau. Pengaduan itu, terkait dengan pelayanan kepada masyarakat yang dinilai tidak maksimal.

Kepala Ombudsman Perwakilan Riau, Ahmad Fitri mengatakan, adapun ketiga OPD yang paling sering diadukan itu diantaranya, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR); Dinas Pendidikan (Disdik); dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau.

"Ombudsman sering menerima pengaduan yang dominannya pelayanan di tiga OPD tersebut," kata Ahmad, Jumat (5/4).

Untuk di Dinas PUPR, masyarakat sering mengeluhkan soal jalan dan fasilitas umum yang rusak. Dinas Pendidikan, masyarakat melaporkan terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) yang menggunakan sistem zonasi dan soal pungutan uang komite.

Semetara di Disnakertrans Riau, para buruh dan tenaga kerja banyak mengeluhkan tentang gaji dan perlakuan yang layak. "Ya mereka sering mengaduka hal-hal itu," ujarnya.

Oleh sebab itu, Ombudsman Riau meminta agar Pemprov Riau dapat lebih bijak lagi kedepannya terkait keluhan yang sudah disampaikan masyarakat. Terlebih lagi, kepada OPD yang sering diadukan untuk memperbaiki sistem pelayanannya.

Sistem pelayanan yang harus diperbaiki diantaranya, membuat unit pengaduan masyarakat. Kemudian menyiapkan petugas yang berkompeten untuk mengelola pengaduan tersebut.

"Ini kami tekankan betul, supaya pengaduan yang masuk dari masyarakat bisa segera ditindaklanjuti. Kemudian gubernur dan wakil gubernur bisa mengetahui hasil yang sudah ditindaklanjuti," tutupnya.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...