• - +

Kabar Perwakilan

Di Dukcapil Rote, Ombusman NTT Temukan Mesin Cetak Rusak Dan Tidak Ada Stok Blanko E KTP
PERWAKILAN: NUSA TENGGARA TIMUR • Kamis, 05/03/2020 •
 

SHARE

Kupang,obor-nusantara.com, Ombudsman RI Perwakilan NTT terus melakukan safari ke berbagai kabupaten di provinsi NTT untuk memantau pelayanan publik kepada masyarakat.

Pada Hari Kamis,28/2/2020, Ombudsman NTT dibawah pimpinan Darius Beda Daton mengunjungi loket pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Rote Ndao di kota Baa.

"Saya mengunjungi loket pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Rote Ndao di Ba'a. Setelah ngobrol sebentar dengan warga pemohon layanan di loket, saya mengecek fungsi alat perekam e-KTP. Warga mengeluh karena alat perekam KTP di kantor ini sudah mengalami kerusakan selama seminggu dan belum berfungsi kembali" Ujar Darius melalui pesan whatsapp kepada media ini, Senin,2/3/2020.

Dikatakannya bahwa Praktis tidak ada pelayanan perekaman karena semua alat perekaman di kecamatan tidak berfungsi dan tersisa satu-satunya di dinas kependudukan yang ternyata juga tidak berfungsi.

Bukan hanya itu, blangko KTP pun sudah lama tak tersedia di kantor dukcapil. Hal ini menurutnya sangat prihatin dengan pelayanan publik di Disdukcapil Rote Ndao.

Ia juga merasa iba kepada warga yang datang dari berbagai kecamatan, yang terpaksa kembali ke rumah tanpa ada layanan. Warga harus mengeluarkan ongkos ojek dan tenaga sia-sia karena tidak memperoleh layanan dari penyelenggara layanan kita.

Melihat kondisi ini, Darius mengungkapkan keprihatinannya dengan pola pelayanan publik yang menyusahkan warga akibat tidak ada informasi yang disampaikan sehingga warga tidak perlu datang ke Disdukcapil selama alat rekam dan blanko belum ada.

"Inilah sebabnya mengapa kami getol meminta penyelenggara layanan menyiapkan standar layanan agar warga kita mendapat kepastian layanan dari sisi waktu, biaya dll. Bayangkan saja jika kita ada di posisi mereka, bersediakah kita diperlakukan demikian? Mari terus melayani  dengan hati" Tulis Darius beda daton. (kenzo)





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...