• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Fasilitasi Pengaduan Masyarakat Terdampak, Ombudsman Pantau Penanganan Banjir di Kalsel
PERWAKILAN: KALIMANTAN SELATAN • Senin, 25/01/2021 •
 
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kalsel, Hadi Rahman (kanan)

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menyikapi tenjadinya bencana banjir yang melanda hampir seluruh wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Selatan selama sepekan terakhir, Ombudsman RI Perwakilan Kalsel sesuai tanggung jawab dan kewenangannya melakukan tindak lanjut.

Tindak lanjut dilakukan melalui langkah-langkah awal, yang dinilai urgen untuk penanganan banjir, di antaranya

memfasilitasi pengaduan dari masyarakat terdampak atau keluarganya, yang memerlukan bantuan/evakuasi segera dan meneruskan pengaduan tersebut ke BPBD atau Unit Tanggap Darurat.

Melakukan koordinasi dengan unit pengelolaan pengaduan terkait penyediaan informasi posko pengungsian, dan informasi penyaluran bantuan di masing-masing wilayah terdampak.

Melakukan pemeriksaan dan pemantauan ke beberapa wilayah terdampak, dan posko pengungsian untuk mengumpulkan data dan informasi aktual dari petugas pelaksana di lapangan maupun masyarakat yang terdampak.

Berkoordinasi dengan instansi pelayanan publik lainnya, guna memastikan pelayanan dasar tetap dapat berjalan semaksimal mungkin.

Pada pokoknya, pemantauan awal Ombudsman berfokus pada tiga hal, yaitu penanganan evakuasi, penyediaan posko pengungsian, dan distribusi bantuan, serta logistik kepada masyarakat terdampak.

Ombudsman RI Kantor Perwakilan Kalsel juga telah menyerahkan bantuan materiil, yang berasal dari belanja dana sumbangan Insan Ombudsman RI.

Bantuan terdiri atas makanan cepat saji, sembako, susu, vitamin, obat-obatan, popok anak, popok dewasa, pembalut

wanita dan pakaian dalam.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalsel, Hadi Rahman, dan diterima langsung oleh Sekretaris BPBD Provinsi Kasel, Iswantoro.

"Bantuan ini merupakan partisipasi dan wujud kepedulian sosial dari Insan Ombudsman terhadap masyarakat Kalsel. Tidak hanya dari Insan Ombudsman RI Kantor Perwakilan Kalsel, melainkan juga dari Insan Ombudsman RI (pusat) dan kantor Perwakilan di provinsi lainnya, yang turut berduka atas terjadinya bencana ini," kata Hadi Rahman.

Sementara itu Iswantoro mewakili BPBD Provinsi Kalsel menyampaikan terima kasih.

"Kami berterima kasih atas kepedulian dalam bentuk dukungan moril, dan materil dari Ombudsman RI Kalsel. Bantuan yang kami terima akan didistribusikan kepada warga yang membutuhkan," ujarnya.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...