• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Nilai Layanan Pemkot Kuning
PERWAKILAN: JAWA TIMUR • Selasa, 30/01/2018 •
 

MALANG - Sembilan dinas di Pemkot Malang mendapat penilaian dari Ombudsman Republik Indonesia, Rabu (24/1) . Dari 62 produk layanan, Kota Malang  berada di zona kuning, dengan nilai rata-rata 60,29. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil seluruh layanannya bernilai 90. Ironisnya, ada juga satu layanan di Dinas Lingkungan Hidup yang nilainya jeblok, hanya 21.
Ombudsman menunjukkan rata-rata nilai pelayanan yang diadakan oleh berbagai dinas kepada Malang Post. Ada dinas yang mendapatkan nilai tertinggi, yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas kesehatan. Namun, ada satu dinas yang menyediakan pelayanan dan bernilai terendah, yaitu pelayanan Rekomendasi Amdal Terkait Izin Kelayakan dan Lingkungan yang disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang.
Asisten Ombudsman Republik Indonesia Jawa Timur, Vice A Firnaherera mengatakan,
Ada sembilan komponen yang diberikan untuk penilaian. Di antaranya, biaya yang diberikan, waktu yang dibutuhkan, cara melayani, pemberian layanan terhadap orang berkebutuhan khusus, id card petugas, ada atau tidaknya petugas hingga ada atau tidaknya fasilitas.
"Untuk pelayanan, waktu dan fasilitas memiliki nilai yang paling tinggi. Grade nilainya hingga 12. Pada Dinas Lingkungan Hidup, tidak adanya loket untuk pelayanan. Selain itu, untuk mempermudah konsumen, sudah banyak dinas yang memiliki website. Namun, untuk dinas tersebut masih belum ada," papar dia ketika ditemui Malang Post. 

 "Berbeda dengan Kota Blitar, ketika kami lakukan penilaian. Mereka langsung bertindak melakukan perubahan. Sehingga, saat ini penilaiannya sudah hijau semua, artinya bagus," imbuh dia.
Menurutnya, setiap penyelenggara layanan masyarakat harus patuh terhadap Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Tahun 2017. "Sejauh ini, Kota Malang sudah sebanyak tiga kali kami nilai. Tapi, hasilnya selalu jelek. Ada dua dinas yang nilainya baik," ujar dia.
Dinas yang nilai baik itu, seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Kesehatan. Sementara dinas yang lain, nilai pelayanannya ada yang lumayan, namun masih ada yang nilainya jatuh.
"Kami berharap, hal ini segera dibenahi oleh penyelenggara layanan publik demi kebaikan bersama," pinta dia.(tea/ary)


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...