• - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman bersama FITRA Sosialisasi Kanal Aplikasi LAPOR
PERWAKILAN: SUMATERA UTARA • Senin, 01/10/2018 •
 
Ombudsman dan FITRA Sumut Sosialisasi LAPOR di Lapangan Merdeka Medan by GOSUMUT.com

SHARE

MEDAN-Kanal aplikasi pengaduan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) disosialisasikan Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara. Tidak ketinggalan, Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Sumut mensosialisasikan sekaligus mengkampanyekan kanal aplikasi LAPOR tersebut di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (30/9/2018). "Aplikasi LAPOR adalah inisiasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan-RB) sebagai sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang dijalankan dengan prinsip mudah, terpadu, dan tuntas," kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar kepada GoSumut.

Lanjut dijelaskannya, sampai sekarang belum semua pemerintah daerah, khususnya di Sumatera Utara (Sumut) memiliki Aplikasi tersebut. "Padahal, LAPOR dikelola dan dikembangkan oleh Kemenpan-RB bersama Kementerian Dalam Negeri, Kantor Staf Presiden (KSP) dan bekerjasama dengan Ombudsman Republik Indonesia sebagai saluran partisipasi masyarakat untuk pengawasan kebijakan di bidang pembangunan dan pengawasan pelayanan publik di Indonesia," jelas Abyadi sembari mengatakan Kota Medan telah mengunakan aplikasi ini.

Selain itu, Abyadi menerangkan, Aplikasi LAPOR ini juga nantinya akan diintegrasikan ke sistem LAPOR nasional. "Oleh sebab itu, pemerintah daerah yang ada di Sumut, (kabupaten/kota) kita minta untuk membentuk unit pengelolaan pengaduan LAPOR ini," terang Abyadi.

Sehingga, kata dia, masyarakat sebagai pengguna layanan harus mengontrol kinerja pemerintah selaku pemberi layanan. "Lewat aplikasi ini, akhirnya pemerintah sebagai penyelenggara pembangunan harus terkontrol," tandasnya.

Senada dengan itu, Direktur Eksekutif FITRA Sumut, Rurita Ningrum juga mengajak seluruh masyarakat yang tergabung di dalam kawan FITRA dan Masyarakat Pelayanan Publik (MP3) Kota Medan untuk mensosialisasikan kanal LAPOR.




Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...