• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Ikut Pelototi Pencairan THR
PERWAKILAN: JAWA TIMUR • Selasa, 11/05/2021 •
 
Kepala Perwakilan Ombudsman RI - Jawa Timur, Agus Muttaqin

Pada saat lebaran tinggal hitungan hari, masih ada instansi yang belum juga menyerahkan tunjangan hari raya (THR) kepada para pegawainya. Bukan hanya swasta, melainkan juga instansi pelat merah.

Hal itu terungkap dari temuan Ombudsman RI (ORI) Perwakilan Jawa Timur. Berdasarkan hasil pengawasan yang baru saja dilakukan, ternyata masih ada pemerintah daerah yang belum membayarkan THR bagi para aparaturnya.

Itu terjadi di dua kabupaten/kota. Yakni Pemkab Bojonegoro dan Pemkot Malang. Sementara itu, Pemkab Kediri baru mencairkan THR pegawainya persis kemaren siang. "Ini harus jadi perhatian semua daerah. Pemerintah jangan sampai mengabaikan hak pegawa," kata Kepala ORI Jatim Agus Muttaqin kemarin.

Selain itu, ORI Jatim memantau dugaan pelanggaran diabaikannya THR bagi pegawai swasta. Agus meminta peran serius pemerintah daerah. Khususnya dinas ketenagakerjaan setempat. "Termasuk jika suatu perusahaan menyatakan diri tidak mampu memberikan THR tepat waktu," katanya.

Sesuai dengan regulasi alasan itu harus dibuktikan dengan laporan keuangan secara transparan. Juga ada mekanisme perundingan antara pekerja dan perusahaan. "Hasil kesepakatan disampaikan ke dinas ketenagakerjaan setempat," Imbuh mantan jurnalis tersebut.

Ombudsman juga mengimbau pekerja atau buruh berperan serta mengawasi haknya bila diduga terjadi pelanggaran oleh perusahaan. Sementara itu, pemerintah daerah wajib memberikan respons yang jelas atas setiap pelanggaran dalam pelaksanaan THR 2021. Apalagi, semua daerah sudah membuka posko pengaduan THR. "Kepala daerah harus mampu bertindak tegas, akomodatif, dan dapat menjamin kepastian hukum terhadap pihak perusahaan dan pekerja atau buruh," tandas Agus.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...