• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Jambi Pantau Pelaksanaan Tes Kesehatan pada Seleksi Terpadu Anggota Polri di Polda Jambi
PERWAKILAN: JAMBI • Rabu, 11/05/2022 •
 
Ombudsman Jambi Pantau Pelaksanaan Tes Kesehatan pada Seleksi Terpadu Anggota Polri di Polda Jambi (foto by Abe)

JAMBI - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jambi melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tes kesehatan dalam Seleksi Terpadu Anggota Polri di Polda Jambi Tahun 2022 di RS Bhayangkara Polda Jambi, Selasa (10/5/2022) .

Kegiatan pengawasan tersebut dilakukan di hari kedua pada sesi tes kesehatan terhadap Calon Polwan Polisi Tugas Umum dan Polwan Bakomsus. Sebelumnya untuk Calon Siswa Bintara sudah dilaksanakan pada bulan puasa. Sementara untuk Calon Taruna Akpol akan dilaksanakan pada 11 Mei 2022.

Ombudsman RI Jambi melakukan pengawasan terhadap proses pelaksanaan tes kesehatan mulai dari tahap pemeriksaan awal di meja registrasi hingga pemeriksaan kesehatan di tiap-tiap bagian. Mulai dari pemeriksaan, tinggi dan berat badan, darah, telinga, dan lainnya.

Asisten Ombudsman RI Perwakilan Jambi, Shopian Hadi menyebutkan bahwa pelaksanaan tes kesehatan ini harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Beberapa hal yang menjadi sorotannya yakni penggunaan alat ukur untuk peserta tes. "Penggunaan alat ukur seperti timbangan dan juga meteran harus ditera agar takarannya pas dan tidak merugikan peserta," sebut Sophian.

Dari pihak panitia juga menyampaikan bahwa seluruh alat ukur yang digunakan dalam tes sudah ditera di Departemen Perindustrian dan Perdagangan Jambi. Shopian menambahkan bahwa dari hasil pemantauan tersebut pelaksanaan tes berjalan lancar dan tidak terjadi kendala berarti.

Berdasarkan informasi ada sebanyak 9.549 orang pendaftar yang mengikuti seleksi tersebut. Namun tidak seluruhnya akan lulus tes. Peserta yang tidak berhasil melalui tahapan tes akan gugur dan tidak melanjutkan ke tahap berikutnya.

"Ombudsman mengharapkan pelaksanaan seleksi ini dilakukan dengan transparan dan adil sehingga menghasilkan Anggota Polri yang berkualitas," tutur Shopian.

Dalam pelaksanaan pengawasan seleksi tersebut, Ombudsman RI menjadi bagian dari Tim Pengawas Eksternal bersama dengan sejumlah lembaga lainnya. 






Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...