• - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Jateng Temukan Ada Pengawas Tertidur saat UNBK SMK
PERWAKILAN: JAWA TENGAH • Jum'at, 29/03/2019 •
 
ilustrasi

SHARE

Ombudsman perwakilan Jawa Tengah menemukan sejumlah tindakan lalai yang dilakukan pengawas Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK. Ada pengawas yang tertidur saat ujian berlangsung.

Asisten Ombudsman Jateng yang juga Ketua Tim Pengawasan UNBK, Achmed Ben Bella, mengatakan pihaknya menemukan pengawas UNBK tertidur di SMK di Klaten dan Semarang. Meski demikian, ia tak membeberkan nama-nama sekolah yang terdapat pengawas tertidur itu.

Menurut Achmed, apa yang dilakukan pengawas itu merupakan tindakan maladministrasi. Oknum pengawas dianggap sudah abai dalam menjalankan kewajibannya mengawasi jalannya ujian.

"Peserta ujian akhirnya terlihat diskusi dengan peserta yang lain, pada saat ujian berlangsung," bebernya kepada kumparan, Jumat (28/3)

Achmed mengaku telah melaporkan hasil temuan itu kepada ketua panitia UNBK SMK setempat dan pihak kepala sekolah. Dia menyayangkan tindakan pengawas yang tertidur itu.

Meski begitu, Achmed menjelaskan, pihak sekolah sudah meminta maaf atas kelalaian tersebut. Mereka berjanji menjatuhkan sanksi kepada pengawas yang tertidur dalam ruang ujian.

"Dan ada komitmen juga untuk mengupayakan pelaksanaan ujian hari berikutnya dapat berjalan lancar," ujarnya.

Selain itu, temuan lainnya yang didapati Ombudsman ialah tidak adanya bunyi bel tanda memulai dan berakhirnya ujian. Tak hanya itu, Ombudsman juga menemukan ada salah satu sekolah yang dalam satu ruang ujian terdapat peserta lebih dari 30 siswa.

"Hal ini, berpotensi terjadi maladministrasi berupa penyimpangan dari prosedur yang diatur dalam POS UN 2018/2019," terang Achmed.

Menyikapi berbagai temuan ini, Ombudsman telah meminta kepala sekolah, ketua panitia UNBK, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng untuk memperketat pengawasan pelaksanaan UNBK SMK, sehingga mencegah adanya maladministrasi.

Saat ini, Ombudsman masih terus mengawasi pelaksanan ujian sekaligus menyelidiki berbagai dugaan pelanggaran. Hasil investigasi akan disampaikan saat ujian berakhir.

Sementara itu, pihak Kepala Disdikbud Jateng belum merespons terkait berbagai temuan Ombudsman terkait pelaksanaan UNBK SMK ini.

      �c


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...