• - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Kaltara Sidak Polres Malinau
PERWAKILAN: KALIMANTAN UTARA • Jum'at, 18/01/2019 •
 
Ombudsman Kaltara Sidak Polres Malinau

SHARE

MALINAU, Koran Kaltara - Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Polres Malinau. Tujuannya, untuk mengetahui kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) melakukan pelayanan terhadap masyarakat di Kabupaten Malinau.

"Kami lakukan sidak hari ini, bertujuan untuk melihat sejauhmana kesiapan SDM dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat," ungkap Kepala Ombudsman Kaltara Ibramsyah kepada Koran Kaltara, Kamis (17/1/2019).

Saat masuk ruang Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), dia menilai bahwa pelayanan terhadap masyarakat masih kurang. Terutama dari sisi kecakapan dan keterampilan setiap personel.

"Tadi itu kurang respon. Seharusnya ketika ada tamu, harus bertanya terlebih dahulu. Intinya senyum sapa dan sahaja," ungkapnya.

Menurut dia, hal itu perlu diperbaiki dan dikoreksi. "Kita koreksi, yang pertama kesiapan SDM-nya. Seperti merespon baik tamu atau pelapor. Karena disitu ada hak masyarakat yang ingin menyampaikan informasi," jelasnya.

Dia mengatakan, bahwa hasil pengecekan itu telah disampaikan ke Kapolres Malinau.

"Saya juga sudah sampaikan tadi. Kalau dari sisi sarana prasarana sudah cukup bagus. Hanya kesiapan SDM, tinggal bagaimana Kapolres nanti melakukan pembinaan. Dan itu sudah internal mereka," jelasnya.

Dia mengatakan, bahwa , pihaknya hanya menilai sejauh mana proses pelayanan publik di lingkungan Mapolres Malinau. "Kalau saya melihat SPKT ini, satu-satunya di Kaltara dengan dilengkapi operator, penyandang disabilitas dan lainnya. Sedangkan Polres lainnya belum ada," ungkapnya.

Sementara itu, Waka Polres Malinau Kompol Edy Budiarto mengucapkan terima kasih kepada perwakilan Ombudsman Kaltara yang melakukan sidak. "Sempat kaget, karena tidak dikabari, kalau tim datang," katanya.

Namun kata dia, pihaknya akan menindaklanjuti masukan dari tim Ombudsman tersebut. "SPKT baru ini, atas saran dari ombudsman juga. Jadi sarana dan kritik terhadap pelayanan publik tentu kita terima. Karena sebagai salah satu perbaikan-perbaikan yang kita lakukan," jelasnya.

Hanya saja, lanjut dia, kesiapan SDM harus lebih ditingkatkan lagi. "Memang dari SDM, kami akan tingkatkan. Kalau dari sarana dan prasarana dalam pelayanan publik ini terus menerus dilakukan," ungkapnya.

Dia meminta tim Ombudsman Kaltara agar bisa memberikan pengarahan terhadap kepatuhan pelayanan publik. Sehingga personil yang dibagian dari pelayanan mampu memperbaiki.

"Besok (hari ini) kami minta agar bisa diberikan arahan dan bimbingan terkait kepatuhan pelayanan publik," pungkasnya. (*)

Reporter : Sulaiman

Editor : Sobirin


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...