• - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman: Kami Sudah Minta Klarifikasi Direktur RSUCND Meulaboh
PERWAKILAN: ACEH • Kamis, 16/01/2020 •
 
Kepala Ombudsman Aceh, Taqwaddin Husin. Foto by google

SHARE

BANDA ACEH - Ombudsman RI Perwakilan Aceh akan segera menindaklanjuti kasus adanya pasien yang melahirkan di kamar mandi ruang bersalin RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh, yang diduga karena terlambat mendapat tindakan medis dari paramedis di rumah sakit pemerintah tersebut.

"Kami akan mempertanyakan hal ini pada Pimpinan Aceh Barat dan Direktur RSUCND Meulaboh, mengapa hal tersebut bisa terjadi," kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Taqwaddin Husin kepada AJNN, Kamis (16/1).

Taqwaddin mengatakan, informasi yang diterima dari AJNN ini akan diteruskan ke pihak Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dan Direktur RSUCND Meulaboh, guna mendapatkan respon atau klarifikasi terkait peristiwa itu

"Saya segera menghubungi Dr Furqan, Direktur RSUD Meulaboh dan juga Bapak Sekda Aceh Barat untuk meminta klarifikasi terhadap masalah ini," ujarnya.

Ketika ditanyakan apakah Ombudsman akan turun melakukan investigasi seperti desakan GeRAK Aceh Barat, Taqwaddin menuturkan bahwa mengenai kasus-kasus pelayanan yang menyangkut nyawa dan keselamatan manusia, Ombudsman memiliki mekanisme khusus dalam penanganannya. "Sesuai Peraturan Ombudsman disebutkan dengan istilah RCO (Reaksi Cepat Ombudsman).

Karenanya, terkait info ini yang kami peroleh dari AJNN, kami langsung meminta klarifikasi," tuturnya. Ia juga mengatakan, dirinya sudah menghubungi langsung Direktur RSUCND Meulaboh, dr Furqan, melalui pesan WhatsApp terkait penjelasan resmi mengenai kronologis mengapa peristiwa itu bisa terjadi, namun belum mendapat respon. "Klarifikasi resmi dari Bapak Direktur bisa menjelaskan permasalahan yang sesungguhnya. Sehingga, publik tahu apa ini persoalan kompetensi bidan atau ketiadaan dokter kandungan dalam kasus ini," ungkap Taqwaddin menerangkan isi pertanyaannya.

Diberitakan sebelumnya, salah seorang pasien bernama Cut Vivi Ridha Utami (29), warga Desa Drien Rampak, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, terpaksa melahirkan di kamar mandi ruang bersalin, Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien (RSUCND) Meulaboh pada Rabu (15/1) malam.

Salinan ini telah tayang di https://www.ajnn.net/news/ombudsman-kami-sudah-minta-klarifikasi-direktur-rsucnd-meulaboh/index.html.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...