• - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Kepri Dapatkan Beberapa Catatan Negatif Penyelenggaraan Ujian Nasional
PERWAKILAN: KEPULAUAN RIAU • Senin, 25/03/2019 •
 
Kepala Ombudsman Kepri, Lagat Parroha Patar Siadari, SE, MH saat meninjau pelaksanaan UN di SMKN 2. F. Ist

SHARE

Bahkan, telah ada pengaduan tiap tahun, Ombudsman malah juga masih mendapatkan catatan negatif ketika meninjau pelaksanaan UN dibeberapa sekolah jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada tahun 2019 ini.

"Ada beberapa catatan yang kita dapatkan dari hasil peninjauan di UN kali ini," kata Agung Setio Apriyanto selaku Kepala Keasistenan Pencegahan Ombudsman Kepri, saat dihubungi Senin (25/3/2019).

Menurut Agung, dalam pemantauan Ujian Nasional oleh Tim Pengawas Ombudsman Kepri, ada beberapa catatan/temuan yang didapatkan, mulai dari pilihan jawaban ujian yang sama, panitia UN tidak memasang denah ujian pada ruang kelas/labor serta masih kurangnya antisipasi pemadaman listrik.

"Ini yang paling vital, masih ada sekolah yang tidak standby genset untuk antisipasi jika terjadi mati lampu," kata Agung.

Untuk diketahui, Ombudsman Senin (25/3/2019) mengunjungi SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 2 untuk wilayah Tanjungpinang. Sementara untuk wilayah Batam, yang dikunjungi adalah SMK Negeri 4, SMK Negeri 7, SMK Pelayaran Nasional dan SMK Kartini.

Agung mengatakan, Ombudsman akan terus melakukan pengawasan UN ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Paket B dan Paket C.

"Pengawasan akan dilakukan menyeluruh, semua jenjang," terang Agung.

Selain melakukan pengawasan, Ombudsman juga meminta partisipasi masyarakat untuk juga mengawasi dan memberikan laporan kepada Ombudsman mengenai "karut marut" pelaksanaan UN diwilayah masing-masing.

Bagi masyarakat yang menemukan pelanggaran dalam penyelenggaraan UN Tahun 2019 diminta jangan ragu dan takut melapor serta memberitahukan kepada Ombudsman Kepri.

"Silahkan hubungi melalui WA dengan format ketik Nama PelaporFotocopy KTPAsal Daerah*Isi Laporan kirim ke 0811-7770-137 atau dengan datang langsung ke Kantor Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepulauan Riau di gedung Graha Pena Batam Pos, Lt 1, R. 103 Kota Batam," terang Agung.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...