• - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Lakukan Sidak di Lapas Perempuan dan Rutan Anak Aia Padang, Temukan Ada Indikasi Pungli
PERWAKILAN: RIAU • Selasa, 11/06/2019 •
 
Ombudsman RI Perwakilan Sumbar saat usai melakukan sidak di Rutan dan Lapas Perempuan Anak Aia Padang.jpg

SHARE

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Setelah libur lebaran, Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) melakukan sidak (inspeksi mendadak) diLapas Perempuan dan Rutan Anak Aia Padang.

Adel Wahidi sebagai Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Sumbar bersama Kepala Keasistenan Bidang Pemeriksa Laporan Lapas Anak Aia Padang, Rendra Catur Putra memimpin sidak tersebut.

"Selain sidak dihari pertama kerja, sidak ini juga berkaitan dengan jumlah kunjungan yang luar biasa meningkat saat atau pasca lebaran," katanya saat dikonfirmasi melalui telepon, Senin (10/6/2019).

Adel melanjutkan kunjungan di Rutan Anak Aia biasanya hanya 100 orang per hari, pasca lebaran kunjungan meningkat menjadi 300 orang.

"Kami juga mengecek fungsi seluruh fasilitas yang ada. Seperti toilet, kamar mandi, kamar tidur, klinik, dapur, dan ruang kunjungan.

Serta mendengarkan secara langsung keluhan-keluhan pelayanan dari warga binaan lapas ini," paparnya lagi.

Di sana Ombudsman menemukan adanya indikasi pungli terhadap warga binaan di Lapas Perempuan.

"Katanya sih iuran, dikutip Rp 10 ribu hingga Rp 120 ribu per kamar. Digunakan untuk menyewa tenda saat menerima kunjungan keluarga napi dan solat Idul Fitri.

Masalah lainnya seperti air bersih juga masih menjadi masalah di sini. Warga binaan mengeluhkan harga air galon Rp 10 ribu pergalon," kata Adel menjelaskan.

Setelah melakukan sidak, Ombudsmanberterima kasih pada pihak lapas karena telah memberikan akses yang luas untuk melakukan pemeriksaan.

"Kami berharap Lapas dan Rutan Anak Aia terus meningkat kinerjanya di masa yang akan datang.

Dibandingkan Sidak tahun lalu, sudah mendingan, ada perubahan. Tapi sayang, masih ada indikasi pungli dan iuran air itu," tutup Adel Wahidi. (*)


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...