• - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman libatkan komunitas JSMC sosialisasikan pelayanan publik
PERWAKILAN: PAPUA • Selasa, 13/03/2018 • ismail_saleh
 
Anggota komunitas JSMC berpose bersama Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Papua Papua Iwanggin Sabar Oliv (tengah baju kuning). (Foto : Antaranews Papua/Musa Abubar)

SHARE

 Jayapura (Antaranews Papua) - Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Papua melibatkan komunitas Jayapura Supra Motor Club (JSMC) untuk membantu menyosialisasikan pelayanan publik kepada masyarakat banyak.


"Kami melibatkan teman-teman komunitas JSMC karena umumnya para pelajar yang bergabung dalam komunitas ini," kata Kepala Ombudsman RI Papua Iwanggin Sabar Oliv, di Jayapura, Selasa.

Oliv menjelaskan bahwa mereka dilibatkan menyosialisasikan pelayanan publik karena langsung berhadapan dengan pelayanan publik, baik di sekolah, infrastruktur yang disiapkan pemerintah, angkutan kota yang dipakai ke sekolah, dan kendaraan pribadi yang dipakai juga harus dilengkapi dengan persyaratan seperti SIM dan STNK.

Dalam pengurusan SIM dan STNK, biasanya disampaikan oleh publik terkesan berbelit-belit atau ada pungutan dalam jumlah besar, sehingga hal ini perlu disosialisaskan bahwa pelayanan atau kepengurusan SIM dan STNK tidak demikian

Ombudsman Papua berharap mereka (JSMC)  menjadi mata dan telinga ombudsman, menjadi agen perubahan untuk kepentingan pelayanan kepada publik, karena mereka juga sebagai penerima layanan publik.

"Pemerintahan yang baik dan bersih itu harus diawasi dan dikontrol oleh masyarakat," kata Oliv.

Sementara itu, Yosua Wiliam Febrianto Agaki Wanda selaku penasehat komunitas JSMC berpikir untuk bagaimana mendorong anggota komunitasnyai menjadi ujung tombak dalam melakukan perubahan terhadap pelayanan publik.

"Kini, kami berpikir untuk bagaimana menularkan mekanisme pelayanan publik yang baik kepada sebaya kami," kata Yosua Wiliam Febrianto Agaki Wanda selaku penasehat komunitas JSMC.

Yosua berharap rekan-rekannya bisa membantu Ombudsman Papua untuk mengawasi pelayanan publik di Kota Jayapura.(*)


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...