• - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Minta Nova Iriansyah Cabut SK Pengangkatan Plt Ketua MAA
PERWAKILAN: ACEH • Kamis, 18/04/2019 •
 
Ketua MAA terpilih saat melaporkan permasalahan ke Ombudsman Aceh. Foto by Dok. Ombudsman

SHARE

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Ombudsman Perwakilan Aceh meminta Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, agar mencabut Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Plt Ketua Majelis Adat Aceh (MAA).

Permintaan tersebut termaktub dalam surat putusan Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP) yang diterbitkan Ombudsman, Senin, 15 April 2019, yang ditandatangani oleh Kepala Ombudsman Perwakilan Aceh, Dr Taqwadin Husin SH SE MS.

Dalam salinan putusan yang diperoleh Serambinews.com, Selasa (16/4/2019), disebutkan bahwa Tim pemeriksa menyimpulkan bahwa Terlapor (Plt Gubernur Aceh) perlu melakukan tindakan-tindakan korektif.

Tindakan korektif dimaksud adalah: mencabut SK pengangkatan Plt Ketua MAA, dan mengukuhkan ketua dan kepengurusan hasil Mubes MAA 2018.

Tindakan korektif tersebut perlu dilakukan karena berdasarkan hasil pemeriksaan, Tim Pemeriksa menyimpulkan bahwa telah terjadi malaadministrasi terkait tidak dilantiknya kepengurusan hasil Mubes MAA dan penunjukan Plt Ketua MAA oleh Plt Gubernur Aceh.

"Tim Pemeriksa menyimpulkan bahwa bentuk maladministrasi yang terjadi adalah perbuatan Melawan Hukum, berupa Tidak Berwenang dan Tidaj Patut dilakukan oleh Plt Gubernur Aceh," tulis putusan tersebut.

Baca: Selesaikan Konflik MAA, Ombudsman Aceh Minta Plt Gubernur dan Badruzaman Ismail Duduk Bersama

Baca: VIDEO - Majelis Adat Aceh Gelar Musyawarah Mufakat

Baca: VIDEO - Majelis Adat Aceh Gelar Pertemuan Mukim se-Aceh

Ombudsman RI Perwakilan Aceh di dalam putusannya memberi waktu 30 hari kerja kepada Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah untuk melaksanakan tindak korektif tersebut.

Plt Gubernur Aceh resmi dilaporkan. Ke Ombudsman RI Perwakilan Aceh pada 25 Februari 2019 lalu.

Nova dilaporkan oleh Ketua Steering Committee (SC) Mubes MAA, Mohd Daud Yoesoef, karena dinilai menghambat proses administrasi bahkan diduga melakukan malaadministrasi, dengan tidak mengukuhkan pengurus MAA hasil Mubes, tetapi justru mengangkat Plt Ketua MAA, Saidan Nafi.

Penunjukan Saidan Nafi tersebut dilakukan pada 22 Februari 2019, di Pendopo Gubernur Aceh, bersamaan dengan penunjukan dua Plt lainnya, yaitu Prof Dr Ir Abdi A Wahab MSc sebagai Plt Ketua MPA, dan Drs Mahdi Ahmadi sebagai Plt Ketua Baitul Mal Aceh. (*)


Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Ombudsman Minta Nova Iriansyah Cabut SK Pengangkatan Plt Ketua MAA, http://aceh.tribunnews.com/2019/04/16/ombudsman-minta-nova-iriansyah-cabut-sk-pengangkatan-plt-ketua-maa.

Penulis: Yocerizal

Editor: Yusmadi


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...