• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman-Polda Jatim Sepakat Percepat Laporan Maladministrasi
PERWAKILAN: JAWA TIMUR • Sabtu, 05/06/2021 •
 
Perjanjian kerjasama percepatan penyelesaian Laporan antara Ombudsman jatim dan Polda Jatim

Surabaya, Jawa Pos - Ombudsman RI Jatim dan Polda Jatim sepakat menangani laporan dugaan maladministrasi dengan cepat. Komitmen itu dituangkan dalam perjanjian kerja sama di mapolda Jumat (4/6). Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jatim Agus Muttaqin menuturkan, kerjasama itu sangat diperlukan dalam rangka percepatan laporan dugaan maladministrasi. Khususnya dengan terlapor dari personil kepolisian.

Agus menerangkan, pihaknya dengan polda selama ini sudah bersinergi dengan baik. Hanya, terkadang penanganan laporan dugaan maladministrasi memang belum maksimal. Sebab, ada kepolisian yang kurang responsif menanggapi dokumen terkait penanganan kasus. "Hambatannya sering kali berkaitan dengan proses penyidikan di Kepolisian. Padahal kami tidak berusaha melakukan intervensi. Fokus kami hanya aspek administrasi pelayanan publik dalam proaes hukum," paparnya.

Oleh karena itu, kata dia, diperlukan payung hukum agar koordinasi berjalan semakin baik. "Kerja sama ini bisa menghilangkan hambatan karena adanya satu pandangan yang sama," tutur agus.

Menurut dia, percepatan penanganan itu diperlukan mengingat tren laporan dugaan maladministrasi di kepolisian belakangan meningkat. Pada 2020, laporan yang melibatkan polisi sebagai terlapor mencapai 55, jumlahnya 14 persen dari total laporan yang masuk di Ombudsman jatim," jelasnya.

Nah, pada triwulan ini, angka laporan mencapai 22 laporan. Agus memprediksi, tahun ini jumlahnya bisa melebihi laporan tahun lalu. "Jenis dugaan maladministrasinya beragam" ujarnya. Misalnya penanganan perkara yang berlarut, penyimpangan prosedur, dan tidak memberikan pelayanan dengan baik.

Kabidhumasan Polda Jatim Kombespol Gatot Repli Handoko mengatakan, perjanjian kerja sama itu dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan. Polda Jatim, kata dia, akan senantiasa melakukan evaluasi agar pelayanan kepada masyarakat terus membaik. Diantaranya, bersinergi dengan instansi terkait lain. "Prinsipnya, Polri akan terus berbenah agar berbagai bentuk pelayanan semakin baik," katanya.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...