• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman RI DIY Pastikan Kesiapan Stasiun Yogyakarta Hadapi Mudik Lebaran 2022
PERWAKILAN: D I YOGYAKARTA • Selasa, 26/04/2022 •
 
Tim Ombudsman RI Perwakilan DIY bersama Kepala Stasiun Yogyakarta

YOGYAKARTA - Ombudsman RI Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta memastikan kesiapan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI DAOP) VI Yogyakarta menghadapi peningkatan jumlah pemudik hari raya Idul Fitri 1443 H Tahun 2022. Pemantauan dimaksudkan untuk mendorong upaya pelaksanaan pemberian pelayanan dan penegakan protokol kesehatan pada sektor perhubungan/ transportasi sesuai dengan ketentuan pada saat arus mudik di Stasiun Yogyakarta, Selasa (26/4/2022).

Pada kesempatan tersebut, Asisten Ombudsman RI Perwakilan DIY, Septiandita Arya Muqovvah diterima oleh Kepala Stasiun Tugu Yogyakarta, Agus Trianto dan Asisten Manager Internal dan Eksternal, Ujang Rusen Permana dan jajaran.

"Pemantauan Ombudsman RI difokuskan pada kesiapan pemberian layanan dan penegakan protokol kesehatan pada layanan transportasi. Terkait pemberian layanan, sarana prasarana seperti posko layanan kesehatan, ruang laktasi, ketersediaan akses bagi pengguna layanan disabilitas dan lainnya perlu disiapkan dengan baik oleh pihak penyelenggaran layanan transportasi," jelas Septiandita

Sementara itu, Asisten Manager Internal dan Eksternal KAI, Ujang Rusen menjelaskan bahwa terkait sarana prasarana bagi penumpang kereta api sudah tersedia di Stasiun Yogyakarta. Di antaranya ruang laktasi, posko layanan kesehatan, dan akses bagi pengguna layanan disabilitas. Selain itu, pihaknya juga terus menghimbau kepada para penumpang untuk tetap menjaga protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan cuci tangan.

"Selain penerapan protokol kesehatan di lingkungan stasiun, untuk perjalanan jarak jauh, kami menyediakan "healthy kit" yang terdiri dari masker KN95 dan tisu basah yang dibagikan kepada penumpang. Di setiap gerbong juga sudah disediakan hand sanitizer," tutur Ujang Rusen

Ombudsman RI Perwakilan DIY mengapresiasi pelayanan di Stasiun Yogyakarta yang menyediakan fasilitas customer service mobile yang dinilai sangat membantu penumpang yang membutuhkan informasi cepat. Petugas customer service mobile juga berseragam khusus dan tersebar di beberapa titik di Stasiun Yogyakarta sehingga dapat dengan mudah ditemukan oleh penumpang.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...