• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman RI Perwakilan NTT Buka Posko Pengaduan
PERWAKILAN: NUSA TENGGARA TIMUR • Rabu, 23/06/2021 •
 
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Nusa Tenggara Timur, Darius Beda Daton,S.H. (Foto: Victor/Asisten Pencegahan)

POS-KUPANG.COM - Pihak Ombudsman RI Perwakilan NTT membuka posko pengaduan penerimaan PPDB tahun ajaran 2021/2022. Selain itu, pihak Ombudsman juga melakukan pemantauan di lapangan. Upaya ini dilakukan mengingat dari tahun ke tahun masih banyak ditemukan permasalahan.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi NTT, Darius Beda Daton dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, beberapa permasalahan yang kerap terjadi pada saat pembukaan tahun pelajaran baru, khusus di sekolah-sekolah negeri adalah membludaknya pendaftar pada sekolah tertentu.

Selain itu, pungutan bagi siswa baru yang telah diterima atau yang mendaftar ulang dalam bentuk uang maupun kursi atau meja dengan alasan keterbatasan meja dan kursi, serta pungutan biaya pendaftaran untuk pengadaan topi/dasi/seragam sekolah.

"Ombudsman RI Kantor Perwakilan Provinsi NTT sebagai lembaga negara pengawas pelayanan publik membuka posko pengaduan di Jalan Eltari Nomor 17, Kelurahan Oebobo, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang," kata Darius.

Darius menyebut, ada tiga tujuan posko pengawasan pelayanan publik tersebut. Pertama, memberikan informasi kepada seluruh masyarakat NTT terkait proses PPDB dan pembelajaran tatap muka (PTM) tahun pelajaran 2021.

Kedua, menerima laporan/pengaduan masyarakat terkait PPDB dan PTM tahun pelajaran 2021. Ketiga, memberikan saran/rekomendasi kebijakan pada pemerintah semua tingkatan terkait dengan PPDB dan PTM serta upaya meningkatkan kualitas tata kelolah penerimaan peserta didik baru.

"Oleh karena itu dalam posko pengaduan tersebut, Tim pemantau akan mencatat, mengidentifikasi dan menganalisis setiap pengaduan yang masuk untuk dijadikan bahan bagi reviuw kebijakan pendidikan terutama kebijakan terkait penerimaan peserta didik baru di tahun yang akan datang," ujarnya.

Menurutnya, pengawasan proses PPDB dan PTM dibuka mulai tanggal 24 Juni sampai 31 Juli 2021.

"Untuk itu sangat diharapkan agar bagi peserta didik, orang tua/wali yang merasa dirugikan oleh kebijakan sekolah terkait penerimaan peserta didik baru dan pembelajaran tatap muka agar dapat menyampaikan laporan ke posko pengaduan PPDB dan PTM Jalan Eltari Nomor 17, Kelurahan Oebobo atau dapat menelpon ke Telp; (0380) 8438187 dan Hp; 08111453737, 08123788320," imbuh Darius. (cr1)






Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...