• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Riau Berharap Ada Pemerataan Pendidikan Lewat Sistem Zonasi
PERWAKILAN: SUMATERA BARAT • Rabu, 04/07/2018 •
 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Ombudsman RI Perwakilan Riau mendukung pelaksanaan PPDB dengan sistem zonasi yang sedang berlangsung di Riau. Diharapkan penerapan sistem zonasi di Riau bisa berjalan dengan baik. Harapan ini dikemukakan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Riau Ahmad Fitri di Pekanbaru, Rabu (4 /7/2018). Seperti diketahui bahwa pada tahun ini pelaksanaan PPDB dengan sistem sudah diterapkan di Riau. Walaupun beberapa pihak menilai sosialisasi sistem zonasi belum maksimal.

Menurut Ahmad Fitri penerapan PPDB sistem zonasi perlu didukung oleh banyak pihak. Karena penerapan sistem zonasi ini akan membuat masyarakat yang berada di sekitar lingkungan sekolah mendapatkan kesempatan lebih besar mendaftar di sekolah tersebut. Penerapan sistem zonasi juga diharapkan bisa mengubah paradigma masyarakat atas sekolah tertentu yang dinyatakan unggul atau favorit.

"Jika sekolah sekolah yang ada di Pekanbaru sudah mampu mengakomodir dan mengutamakan masyarakat tempatan tentu saja masyarakat di sekitar sekolah itu tidak perlu lagi mendaftar ke sekolah yang jauh dari tempat tinggalnya," ujar Ahmad. Untuk mendukung sistem zonasi ini, Ombudsman juga berharap pemerintah daerah bisa menjamin pemerataan kualitas pendidikan di masing masing sekolah. Hal itu memang tidak mudah. "Namun pada tahap awal adalah pemerintah perlu menjaga agar tidak ada kesenjangan kualitas yang tinggi antarsekolah yang ada di suatu daerah tersebut, "ujarnya.

Diutarakan juga bahwa kualitas pendidikan di suatu sekolah tentu saja tidak lepas dari kompetensi tenaga pendidik, anak didik dan sarana dan prasarana yang ada di sekolah tersebut. Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Riau Ahyu Suhendra mengatakan pelaksanaan PPDB sistem zonasi di Riau berjalan lancar dan sesuai ketentuan. Menurut Ahyu juga tidak ada kecurangan dalam pelaksanaan PPDB tersebut.

"Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar sejauh ini berjalan sesuai dengan aturan, dan kita berharap kedepannya pelaksanaan PPDB dengan sistem zonasi ini makin baik, "ujarnya.(*)





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...