• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Sulsel Serahkan Rapor Kepatuhan Para Kepala Daerah
PERWAKILAN: SULAWESI SELATAN • Jum'at, 28/01/2022 •
 
Kegiatan Penyerahan Hasil Kepatuhan Ombudsman Sulsel (ORI Sulsel)

Makassar - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan melakukan penyerahan hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik tahun 2021 pada Kamis (27/1/2022). Acara yang dihelat di Hotel Four Points Makassar tersebut mengundang seluruh kepala daerah se-Sulawesi Selatan.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Selatan pada tahun lalu mengadakan survei kepatuhan terhadap pelayanan publik pada 24 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Selatan, Subhan, mengatakan bahwa pelayanan publik memang perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota agar pelayanan publik ke masyarakat bisa maksimal.

"Acara ini sebenarnya bukan untuk mempermalukan atau memperlihatkan status raihan predikat kepatuhan pelayanan publik, tapi bagaimana kita menemukan solusi untuk perbaikan kita ke depannya. Kami siap mendampingi teman-teman untuk perbaikan pelayanan publik," ucapnya.

Provinsi Sulawesi Selatan sendiri secara nasional pada tahun 2021 berada di Zona Kuning dengan predikat nilai 73.26. Hanya ada 3 kabupaten di Sulsel yang meraih predikat zona hijau yaitu Kabupaten Bulukumba, Luwu Utara, dan Enrekang. Sementara itu untuk yang berpredikat kuning ada 19 Kabupaten/Kota dan sisanya 2 kabupatenkota yang berpredikat merah.

Subhan mengungkapkan ada beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) yang masih belum mengikuti standar pelayanan publik. Misalnya di Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan yang dinilai masih jauh dari harapan.

"Memang ini menjadi atensi bagi Plt. Gubernur yang sebentar lagi akan menjadi gubernur untuk bagaimana kemudian memperbaiki. Ini bukan sesuatu yang biasa-biasa saja," tegasnya.

Tahun 2022 ini, Ombudsman RI akan kembali melakukan penilaian kepatuhan kepada penyelenggara pelayanan publik. Karena itu diharapkan dengan penyerahan rapor ini para OPD bisa melihat kekurangan mana saja yang perlu diperbaiki sehingga dapat mempersiapkan diri secara maksimal.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...