• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Pantau Layanan Publik di Daerah, Ombudsman Kalsel buka PVL On The Spot di Samsat Batulicin
PERWAKILAN: KALIMANTAN SELATAN • Rabu, 11/05/2022 •
 
Foto By ita

Tanah Bumbu -  Ombudsman RI Provinsi Perwakilan Kalimantan Selatan membuka gerai layanan Penerimaan dan Verifikasi Laporan (PVL)On The Spot di Kantor Samsat Batulicin pada Selasa (10/5/2022). Kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang tugas dan fungsi Ombudsman RI sebagai Lembaga Negara Pengawas Pelayanan Publik.

"Dari Pengamatan Ombudsman RI Kalimantan Selatan beberapa tahun terakhir, Kabupaten Tanah Bumbu merupakan salah satu kabupaten yang paling jarang  dilaporkan soal pelayanan publiknya oleh masyarakat. Ada beberapa sebab, bisa jadi karena masyarakat belum mengenal Ombudsman RI sebagai wadah menyampaikan aduan soal pelayanan publik, atau bisa juga karena pelayanan publik di Kabupaten Tanah Bumbu sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Untuk itu, kami berinisatif memilih Kabupaten Tanah Bumbu sebagai salah satu target sasaran menyelenggaraan  layanan Penerimaan dan Verifikasi Laporan (PVL) On The Spot selain tiga daerah lainnya yang akan kami datangi juga dalam waktu dekat," ucap Sopian Hadi, Kepala Keasistenan Bidang Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Kalimantan Selatan.

Tidak hanya bertujuan untuk mengenalkan Ombudsman RI kepada masyarakat di Tanah Bumbu, giat ini juga diharapkan dapat menarik minat masyarakat pengguna layanan agar lebih peka terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik. Salah satunya dengan cara menyampaikan laporan ke Ombudsman RI, apabila pernah mengalami pelayanan yang buruk dari penyelenggara pelayanan publik.

"Kantor Samsat Batulicin merupakan salah satu tempat yang paling banyak diakses oleh masyarakat. Maka dari itu, kami senang dengan hadirnya Ombudsman RI di sini memberikan sosialisasi dan membuka akses konsultasi soal layanan publik, kami menjadi tau apa saja layanan yang harus kami benahi, sehingga pemberian layanan terhadap masyarakat yang ingin membayar pajak dapat lebih baik dan berkualitas," ujar Hariyadi Kepala Seksi Pelayanan PKB/BBNKB UPPD Batulicin saat menerima kehadiran Ombudsman RI.

"Samsat Batulicin sengaja dipilih sebagai tempat kami membuka gerai layanan Penerimaan dan Verifikasi Laporan (PVL) On The Spot karena Samsat merupakan salah satu tempat pemberi layananan publik yang cukup padat diakses oleh masyarakat. Sehingga peluang untuk memberikan sosialisasi terhadap masyarakat dan menerima konsultasi dan laporan masyarakat terhadap pelayanan publik cukup besar," ujar Sopian.

Dari kegiatan ini, tercatat 30 Konsultasi masyarakat ke Ombudsman, diantaranya menyampaikan mengenai permasalahan layanan pertanahan, dan lahan parkir. Dari beberapa konsultasi/aduan yang disampaikan telah dicatat dan didokumentasikan oleh bidang Penerimaan dan Verifikasi Laporan sebagai Akses Konsultasi Non-Laporan, sedangkan permasalahan layanan pubik yang dapat ditindaklanjuti sesuai tugas dan fungsi Ombudsman, akan disampaikan dalam rapat perwakilan untuk menentukan langkah tindak lanjut yang akan dilakukan. Diharapkan dari kegiatan Ombudsman RI Kalimantan Selatan dapat lebih dikenal oleh masyarakat, dan pemberian layanan publik oleh pemerintah dapat terus meningkat. (PC)






Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...