• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Pendataan dan Limbah Vaksin di Banten Diinvestigasi! Ombudsman Datangi Dinkes Gimana Hasilnya?
PERWAKILAN: BANTEN • Kamis, 04/03/2021 •
 
Kunjungan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten

KABAR BANTEN - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten mendatangi Dinas Kesehatan atau Dinkes Provinsi Banten, sebagai upaya pengawasan dan memastikan pelaksanaan Vaksinasi Covid -19 di wilayah Provinsi Banten berjalan dengan lancar.

Di Provinsi Banten, Vaksin Covid-19 Sinovac telah tiba di Kota Serang, pada Minggu, 3 Januari 2021 dan langsung disimpan di gudang farmasi Dinas Kesehatan Banten dan telah didistribusikan ke seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Banten.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Banten Dedy Irsan, menyampaikan bahwa sebagai lembaga negara pengawas pelayanan publik, pelaksanaan Vaksin Covid-19 menjadi atensi khusus bagi Ombudsman.

Selain mengawasi dan mengkaji lebih dalam melalui Rapid Assessment yang nantinya akan dirumuskan saran bagi pemerintah daerah, diharapkan kedepannya pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar dan tanpa kendala.

"Ombudsman sebagai lembaga pengawas pelayanan publik, memberikan atensi khusus dalam pelaksanaan vaksinasi di wilayah Provinisi Banten. Kami akan mengkaji dan menginvestigasi lebih dalam melalui Rapid Assessment terkait beberapa hal," kata Dedy Irsan dalam keterangan rilisinya yang diterima KabarBanten.com, Kamis 4 Maret 2021.

Dia mengungkapkan bahwa pihaknya melakukan investigasi dari proses pendataan vaksinasi, penyimpanan vaksin, distribusi vaksin, pelaksanaan vaksinasi, Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI) serta penanganan limbahnya.

Dalam pelaksanaan kajian ini, Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten juga akan melakukan pengawasan, dengan mendatangi beberapa Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten/kota di Banten secara acak.

"Kami akan melakukan pengawasan dengan mendatangi Dinas Kesehatan di beberapa kabupaten/kota dan beberapa Puskesmas diwilayah Provinsi Banten, untuk mendapatkan data dan informasi yang lebih dalam lagi," ujar Dedy.

Dari pemaparan yang didapat dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramuji Hastuti, diakui bahwa dalam pelaksanaannya tentu tidak luput dari persoalan-persoalan yang terjadi.

Meski demikian, Pemprov Banten telah berupaya untuk menjalankan tugasnya dengan baik agar pelaksanaan Vaksin Covid-19 ini dapat berjalan dengan lancar.

"Dalam pelaksanaan vaksinasi ini, semua peraturan telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Pemda hanya menjalankan tekhnisnya, termasuk pengadaan vaksinnya sendiri merupakan kewengangan dari Pemerintah Pusat," kata Ati.***


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...