• - +

Kabar Perwakilan

Sepanjang 2018, 4 Instansi Ini Paling Banyak Diadukan ke Ombudsman Sultra
PERWAKILAN: SULAWESI TENGGARA • Selasa, 22/05/2018 •
 

SHARE

OKESULTRA.COM, KENDARI- Sepanjang tahun 2018, empat instansi pemerintah, diantaranya Kepolisian, Badan Pertanahan, Dinas Pendidikan dan Kepala Desa (Kades) adalah instansi yang paling banyak diadukan masyarakat ke Ombudsman RI perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Sepanjang 2018, Ombudsman Sultra paling sering terima aduan tentang Kepolisian, Badan Pertanahan, Dinas Pendidikan, dan tentang Kades," ungkap Asisten Penerima Laporan dan Verifikasi Laporan, Ombudsman Sultra, Ika Septiani Suwito pada Okesultra.com, Senin (21/05/2018).

Ika menjelaskan, aduan dari masyarakat terhadap empat instansi itu rata-rata terkait dengan dugaan mal=administrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Hingga Mei 2018, lanjut Ika, Ombudsman Sultra telah menerima sebanyak 65 laporan masyarakat. Dari 65 laporan masyarakat itu, hanya 51 yang diverifikasi. 9 laporan diantaranya terpaksa di tolak dikarenakan syarat formil dan materil yang tidak terpenuhi. Sementara 5 laporan lain yang masuk saat ini sedang ditunggu kelengkapan syarat formil dan materilnya.

"Tidak semua aduan bisa diterima, ada beberapa aduan yang terpaksa ditolak dikarenakan tidak bisa memenuhi syarat formil maupun materil," katanya.

Namun sayang, Ika tak mau menyebutkan rincian satu persatu aduan masyarakat ke 4 instansi yang paling banyak diadukan di 2018 itu. Sebab, kata dia, hal itu menyangkut identitas dan kerahasian pelapor.

"Maaf pak, saya tidak bisa menyampaikan rincian laporannya seperti apa, ini dikarenakan identitas pelapornya yang tidak bisa kami buka," tutup Eka.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...